NewsSulsel

Pemkab Gowa Maksimalkan Tata Kelola Pemerintahan Lewat Program ERAT

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, terus berupaya untuk membangun tata kelola pemerintahan yang berkualitas melalui kerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID).

Kerja sama ini di maksimalkan melalui program “Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat. Atau Program ERAT yang telah tertuang dalam Grant Implementation Agreement (GIA) pada 6 April 2021 oleh Kemendagri dengan USAID.

Program ERAT merupakan hibah untuk meningkatkan efektivitas pemda melalui peningkatan kualitas pelaksanaan kebijakan dan pemberian layanan di tingkat daerah. Kegiatan akan berlangsung selama 5 tahun dari 2021 hingga 2026.

“Program ini berfokus pada co-design detail masing-masing SKPD  berkaitan dengan inovasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina saat menghadiri Lokakarya Pelaksanaan Program USAID ERAT Provinsi Sulawesi Selatan di Lily Ballroom Hotel Four Points Makassar, Selasa (12/4).

Baca juga: Bupati Adnan: Pemerintahan di Era 4.0 Harus Melek Teknologi

Menurut Kamsina, Program ERAT ini mengharapkan adanya inovasi dari setiap daerah dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat. Dengan adanya program ini dapat memacu seluruh kabupaten/kota agar mempercepat pelayanan publiknya yang memang sangat dibutuhkan.

“Contoh saja di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ada inovasi “Sikola Amma’ Bapak” untuk menurunkan angka perkawinan usia sekolah dan sekaligus menurunkan angka stunting di Kabupaten Gowa,” tuturnya.

Lanjut Kamsina, penurunan angka stunting yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat berhasil menekan hingga angka 6,26 persen oleh Pemerintah Kabupaten Gowa pada tahun 2020. Padahal pemerintah pusat baru menargetkan angka 14 persen nanti pada tahun 2024. Di mana angka prevalensi stunting nasional pada tahun 2021 lalu sebesar 24,4 persen.

Baca juga: Sekda Gowa Dorong Satu Instansi Siapkan Satu Inovasi

“Inovasi lain yang juga gagasan oleh Pemkab Gowa adalah “Sahabat Lapor”. Inovasi ini kita mendapatkan Penghargaan Top 99 Inovasi. Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD dan BUMD Tahun 2021,” ujarnya.

Sahabat Lapor maksudkan untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Gowa dalam menyampaikan laporan melalui aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

“Kami dari Pemkab Gowa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada USAID atas kolaborasi program yang dicanangkan ini. Kita berharap ke depannya ada inovasi baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya di Kabupaten Gowa,” pungkasnya.

Baca juga: Percontohan Desa Antikorupsi, Gowa Satu-satunya Daerah di Sulsel yang Ditunjuk KPK

Selain Kabupaten Gowa, daerah yang juga menjadi fokus kajian Program ERAT di Sulawesi Selatan. Di antaranya Kota Makassar, Kabupaten Barru, Luwu Timur dan Kepulauan Selayar.

Turut hadir mendampingi pada Lokakarya ini, Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Kepala BPKD Kabupaten Gowa, dan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Gowa. (PS/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button