NasionalNewsNusantara
Trending

Amien Rais Desak Jokowi Tegas Tolak Perpanjangan Jabatan Presiden dan Memecat Luhut

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Amien Rais mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi), membuat pernyataan tegas tolak perpanjangan masa jabatan Presiden. Ia juga minta Jokowi memecat Luhut Binsar Pandjaitan dari jabatan Menko Marves.

Desakan itu, ia sampaikan dalam pidato Milad 1 Tahun Partai Ummat yang digelar pada Minggu (17/4) di kantor DPP Partai Ummat.

“Pak Jokowi secepatnya membuat pernyataan yang jelas, lugas, tegas, dan trengginas, bahwa anda secara mutlak akan mengakhiri jabatan sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024, persis seperti perintah konstitusi,” tutur Amien yang juga Ketua Dewan Syuro Partai Ummat.

Baca Juga: Aksi Mahasiswa 11 April, Amien Rais: Tak Soal di Manapun Tempatnya, Insya Allah Peristiwa Besar

Mantan Ketua MPR RI itu, juga mengomentari sejumlah isu yang berkaitan dengan pemerintahan Jokowi.

Minta Luhut Mundur Atau Jokowi Pecat

Ia menyinggung Luhut dan meminta Menko Marves itu untuk segera mundur dari jabatannya.

Alasan politikus senior itu meminta Luhut mundur, karena menurutnya, masyarakat Indonesia saat ini sudah tidak percaya dengan figurnya maupun kinerjanya sebagai menteri.

“Jadi kepada Pak Luhut, saya ingin mengatakan, please resign. The sooner the better, jadi makin cepat makin bagus,” sambungnya.

Baca Juga: Sentil Big Data Dalih Tunda Pemilu, Junimart Girsang: Sampean Siapa?

“Seyogianya Pak Luhut segera mengundurkan diri. Sebagian besar masyarakat sipil saya yakin sudah tidak percaya lagi kepada Pak Luhut,” lanjut Amien.

“Jadi kepada Pak Luhut, saya ingin mengatakan, please resign. Jadi makin cepat makin bagus,” sambungnya.

Tokoh politik senior itu kemudian menyinggung pernyataan politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu beberapa waktu lalu yang menyebut Luhut sebagai biang kerok. Luhut, sebelumnya enggan menanggapi pernyataan Masinton Pasaribu.

Baca Juga: Kritik Klaim Luhut Soal Tunda Pemilu 2024, Adian Napitupulu: Jangan Semena-mena Klaim Kehendak Rakyat

Selain itu, Amien Rais juga menyarankan Presiden Joko Widodo untuk memecat Luhut jika sang menteri itu enggan mundur. Sebab, Amien menganggap bahwa Luhut kini sudah menjadi beban negara.

“Kalau Pak Luhut nekat dan sudah terjebak dengan narsistik megalomania yang-diidapnya. Pak Jokowi seyogianya memecat dia,” tutur Amien Rais.

“Luhut bukan lagi aset bangsa, tetapi telah menjadi beban nasional,” lanjutnya.

Rekomendasi Amien

Dalam kesempatan yang sama, Amien Rais juga menyampaikan beberapa rekomendasi lain untuk pemerintahan Jokowi.

Salah satunya, yaitu mendesak Jokowi untuk membuat pernyataan tegas akan mengakhiri jabatan sebagai presiden sesuai perintah konstitusi. Jokowi juga dia sarankan untuk segera menghentikan wacana tiga periode yang masih ramai di gaungkan.

Baca Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, NGO Antikorupsi Bersama Mahasiswa Turun ke Jalan

Tak hanya itu. Amien juga menyarankan Presiden Jokowi untuk menghentikan secara sementara pembangunan IKN.

Tokoh politik senior itu, lalu mengingatkan bahwa masa jabatan Jokowi hanya tersisa tiga puluh bulan lagi. Dia meminta Jokowi untuk tidak menambah utang. (bs/cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button