EkonomiNewsNusantaraSulsel

Bupati Gowa Sebut Kolaborasi Daerah Mampu Wujudkan Ekonomi Sulawesi Selatan yang Tangguh

# Hadiri Peringatan HUT Sulsel ke-353

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Rapat Paripurna dalam Rangka Peringatan HUT Ke-353 Sulawesi Selatan (Sulsel) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Rabu, (19/10).

Pada kesempatan tersebut, ia mengungkapkan HUT Sulsel tahun ini mengangkat tema “Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat”. Makna tema ini sehingga di masa sekarang ini perlu menjaga optimisme dalam menghadapi beragam tantangan.

“Saat ini tantangan kita kedepan baik dari skala regional maupun skala global salah satunya bangkit dari pasca Pandemi Covid-19. Di tambah dengan ancaman inflasi yang melanda seluruh negara termasuk Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Ketua PKK Gowa Edukasi Siswa Cuci Tangan Pakai Sabun

Olehnya ia berharap, kolaborasi dan konektivitas seluruh kabupaten/kota se-Sulsel akan sangat bermanfaat khususnya dalam meningkatkan perekonomian.

“Sekarang jamannya kerjasama dan kolaborasi karena dengan itu maka yang berat menjadi ringan. Ini sangat erat kaitannya agar kita bisa kolaborasi bersama seluruh kabupaten/kota di Sulsel, dengan cara memberdayakan segala sektor untuk menciptakan perekonomian yang berdaulat dan berdampak positif kepada seluruh lapisan masyarakat,” jelas Adnan.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan saat ini ekonomi Sulsel menunjukkan angka pertumbuhan yang positif, terlihat dari statistik yang menyentuh 5,18 persen (yoy) pada triwulan kedua 2022 ini.

Baca Juga: Adnan Pesan Para Atlet Maksimalkan Berjuang di Porprov

“Sulawesi Selatan secara ekonomi nasional alhamdulillah dari posisi -0,7 pada tahun lalu. Namun setelah berlalu dalam waktu dua kali tiga bulan alhmadulillah bisa membalikkan keadaan dengan angka positif 5,18 persen saat ini,” sebutnya.

Selain itu, inflasi sebagai masalah nasional saat ini, juga menjadi perhatian khusus. Namun melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Sulsel meraih predikat sebagai TPID Provinsi Terbaik 2021. Untuk wilayah Sulawesi dalam pengendalian inflasi.

Baca Juga: Buka Turnamen Minisoccer IKA Unhas, Adnan: Kini Gowa Jadi Pilihan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Bahkan ekspor naik 57 persen, di mana salah satu yang di genjot adalah rumput laut meningkat sebanyak 533 persen. Juga ekspor produk halal dan kombinasi beberapa produk .

“Yang kita kejar adalah neraca perdagangan untuk menjadikan barometer dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi kita,” lanjutnya.

Pada peringatan ini turut diberikan penghargaan kepada bupati/walikota, dimana Kabupaten Gowa Menerima dua Penghargaan yakni Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Sikola Amma’ Bapa’ dan Kopel Pandemi dari Gubernur Sulsel. (NH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com