MetroNewsNusantara
Trending

Wali Kota Makassar Ajak Warga Terapkan Nilai-nilai Pancasila

#Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) mengajak warga menerapkan nilai-nilai Pancasila. Hal itu ia sampaikan usai mengikuti upacara Hari lahir pancasila 1 Juni yang-dipimpin Presiden Joko Widodo di Nuasa Tenggara Timur.

Peringatan hari lahir pancasila serentak di gelar 1 Juni. Peringatan ini, untuk mengenang kembali perjuangan Presiden Indonesia yang pertama Sukarno Hatta dalam merumuskan pancasila sebagai dasar negara.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di dampingi ibu negara Iriana Widodo, mempimpin upacara peringatan di NTT, tempat Bung Karno merumuskan pancasila.

Baca Juga: Lepas Peserta Lomba Lari Kapolrestabes Makassar Cup, Wali Kota Danny: Junjung Sportivitas, Bersama Jaga Kota

Sejumlah kepala daerah se-Indonesia juga nampak mengikuti rangkaian upacara meski secara virtual.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi yang juga turut hadir dalam peringatan upacara hari pancasila di Kediaman Pribadi Danny Pomanto Jalan Amirullah Makassar, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Sekda Kota Makassar: Bank Sampah, Alternatif Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan seluruh kepala daerah agar membumikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Mari kita bumikan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nilai-nilai pancasila mengandung banyak arti dan menjadi dasar negara juga kekuatan dalam menghadapi tantangan dunia,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Wali Kota Danny Teken Kerjasama Bidang Kekayaan Intelektual Bersama Kantor Kemenkumham Sulsel

Menyikapi arahan tersebut, Wali Kota Danny Pomanto mengaku penerapan pancasila dapat di mulai dari diri sendiri.

“Semua nilai pancasila mengandung makna. Terapkan dalam diri pribadi terlebih dahulu lalu ke masyarakat. Untuk Pemerintah Kota Makassar sejumlah program Danny-Fatma menyiratkan simbol pancasila. Jadi saya minta untuk warga Makassar mari kita bumikan pancasila,” harap Danny. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button