NewsNusantaraPendidikanSulsel
Trending

PKM di Maros, Fakultas Ekonomi UIT Makassar Dorong Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesejahteran Masyarakat

MAROS, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Fakultas Ekonomi UIT Makassar/ Universitas Indonesia Timur Makassar), menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, 2 Juli 2022 di Aula Kantor Kecamatan Simbang.

PKM ini mengambil tema Pemberdayaan Perempuan Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Jenetaesa,dihadiri pimpinan fakultas; dosen; Camat Simbang; Kepala Desa Jenetaesa; pendamping desa; Ibu PKK; dan pelaku usaha.

PKM Fakultas Ekonomi UIT Makassar ini, narasumber mengangkat sejumlah materi untuk-diberikan kepada para peserta. Yakni, pertama, soal literasi keuangan untuk peningkatan kapasitas usaha. Kedua, tentang pelatihan pemanfaatan medsos sebagai alternatif peningkatan kesejahteraan perempuan di Desa Jenetaesa.

Baca Juga: DKP Sulsel Salurkan Bantuan Benur Udang di Kabupaten Maros

Ketiga, materi terkait optimalisasi potensi masyarakat dalam meningkatkan income melalui industri pariwisata di Kecamatan Simbang. Dan, keempat materi mengenai pemberdayaan usaha lokal berbasis IT.

Materi langsung di sampaikan oleh narasumber yaitu Ela Elliyana SE MM, Irma Halimah Bachtiar SE Msi, DR Syurwana Farwita SE MM dan Abdul Safrin D Talli SE MM.

Sebelum para pemateri menyampaikan materinya, Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen menyampaikan sambutannya mewakili Fakultas Ekonomi UIT Makassar.

Baca Juga: Jaga Ekosistem, Pemprov Sulsel Tanam 39 Ribu Mangrove di Maros

Ia, mengatakan, dosen itu bukan saja bergelut dalam dunia teori, bergelut dengan buku-buku saja. “Tapi dosen memiliki kewajiban untuk berinteraksi dengan masyarakat melalui program PKM,” katanya.

“Dengan program PKM ini kami mengharapkan biar masyarakat pelaku usaha bisa memahami bagaimana caranya mengcombain teori dengan aplikasi berdasarkan pengalaman, ” lanjut Ketua Prodi Manajemen UIT Makassar.

Atas terselenggaranya kegiatan PKM ini, Fakultas Ekonomi UIT Makassar mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Jenetaesa; dan Kepala Kecamatan Simbang yang sudah menerima dan menyambut baik kegiatan PKM ini. Untuk sharing pengetahuan dan pengalaman dengan warganya.

Baca Juga: Bangkitkan Pariwisata dan UMKM, Bupati Maros Lakukan Ini

“Siapa yang minder dengan IT maka usaha yang kita geluti tidak bisa berkembang. Terburuknya adalah usaha kita akan di hantui dengan kebangkrutan,” tutup Supiati Ketua Prodi Manajemen UIT Makassar ini.

Sementara itu, Safrin D Talli selaku Dewan Pembina Komunitas Manajemen Akuntansi UIT Makassar ini mengungkapkan, di zaman yang semakin maju ini, Teknologi Informasi semakin berkembang.

Teknologi informasi saat ini khususnya internet dapat-diakses oleh semua kalangan. “Dengan adanya perkembangan IT ini mari kita manfaatkan secara baik atau positif. IT untuk di jadikan sebuah pemberdayaan bagi masyarakat di desa ini,” ungkap Safrin yang sehari hari disapa.

Baca Juga: Pemkab Maros Gandeng Mayora Group Kembangkan Wisata Kuliner

Safrin berharap, Kegiatan PKM ini, terus berlanjut. Dengan adanya kegiatan PKM ini, kampus sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan harus-dicapai dan-dilakukan. Tujuannya, agar dapat melahirkan para mahasiswa atau orang orang terpelajar yang memiliki pemikiran kreatif, mandiri, inovatif. Agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button