EkonomiNasionalNewsSulsel

Ikuti ISEF ke-9, Andi Sudirman: Perkuat Akselarasi Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti arahan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin yang membuka Indonesia Sharia Economic Festival atau ISEF ke-9 Tahun 2022 di Jakarta Convention Centre, Jl. Gatot Subroto No. 1, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Oktober 2022.

Wapres menuturkan bahwa peringkat ekonomi dan keuangan syariah Indonesia di tingkat global saat ini sangat baik.

Menurutnya, ekonomi syariah yang semakin menguat telah memberi daya dukung bagi stabilitas ekonomi nasional. Karena teruji dalam melewati siklus ekonomi.

Baca Juga: Buka Fesyar KTI, Gubernur Andi Sudirman Dorong Akselerasi Ekonomi Syariah Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Ekonomi syariah juga dapat di andalkan untuk menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan dan pemerataan. Karena bertumpu pada sektor riil sehingga berperan penting dalam pengamanan pasokan nasional.

“Bapak Wapres mendorong kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah akselasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Sebagai pertumbuhan ekonomi baru ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkesinambungan. Serta transformasi menjadi pusat ekonomi syariah,” sebut Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengatakan, “Pemerintah Provinsi Sulsel berikhtiar memperkuat akselarasi ekonomi dan keuangan syariah. Untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Baca Juga: Andi Sudirman dan Anies Baswedan Teken MoU Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik

Wapres juga menyampaikan, pendistribusian dana sosial syariah. Seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) kepada masyarakat telah menjadi salah satu pilar penting untuk menjaga daya beli masyarakat.

Untuk itu, Wapres mengharapkan pemberdayaan ekonomi syariah khususnya yang berbasis pesantren agar terus di majukan di tanah air. Hal ini selain dapat meningkatkan pasokan pangan dan komoditas nasional, ekonomi pesantren di harapkan juga mampu menembus pasar ekspor.

“Pesantren di seluruh pelosok negeri harus terus kita dorong untuk menggalakkan kegiatan. Dan pembelajaran di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam kurikulumnya,” ujar Wapres.

Baca Juga: Andi Sudirman Raih Penghargaan Nasional dari Menko Perekonomian RI

Dengan demikian, ia mengharapkan penguatan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia terus bergerak. Mulai dari akar rumput hingga ke level pembuat kebijakan, mulai dari usaha mikro hingga pengusaha besar.

Oleh sebab itu, pada ISEF 2022 ini Wapres menekankan empat pesan penting kepada seluruh pemangku kepentingan. Dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk mencapai berbagai target yang akan memberikan efek berganda.

Pertama, Wapres berpesan agar akselerasi penguatan Global Halal Hub (GHH) sebagai pusat hamzah washal (off-taker) terus di lakukan. Sehingga, terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah ekosistem halal akan mempermudah proses hilirisasi yang akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal.

Baca Juga: Dukung Arahan Presiden, Andi Sudirman Sulaiman Gunakan Mobil Listrik

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo melaporkan bahwa ISEF 2022 mengambil tema “Recover Together Recover Stronger: Optimizing Sharia Economy and Finance for Inclusive Recovery”.

Ia juga mengapresiasi Provinsi Sulsel menjadi tuan rumah Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) tahun 2022 untuk Kawasan Timur Indonesia. “Terima kasih pimpinan Provinsi mensukseskan Fesyer wilayah,” sebutnya.

“Tahun ini kita Fesyer untuk wilayah Indonesia Timur di Sulawesi Selatan, di wilayah Sumatera Fesyer di Aceh dan wilayah Jawa Fesyer di Jawa Timur, kegiatan kita menghasilkan capaian-capaian yang insya Allah penuh keberkahan Allah Subhanahu Wa Ta Ala,” pungkasnya.

Di kesempatan ini, Gubernur Andi Sudirman bersama Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana meninjau pameran produk halal. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button