EkonomiNewsNusantaraSulsel

Sulsel Penyuplai Terbesar Beras Nasional, Kontribusi Sebesar 25-30 Persen

# Gubernur Sulsel dan Bulog Komitmen Tingkatkan Pengadaan Penyerapan Beras untuk Ketahanan Nasional

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Provinsi Sulsel menyediakan 25-30 persen kebutuhan beras nasional dari BULOG baik itu dari kuantum (jumlah) pengadaan maupun penyaluran. Dengan kontribusi itu, menempatkan Sulsel penyuplai beras terbesar secara nasional.

Hal itu,disampaikan, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG, Mokhamad Suyamto pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Selatan. Pertemuan itu, dalam rangka koordinasi upaya meningkatkan pengadaan penyerapan dalam rangka memperkuat stok nasional di Rumah Jabatan Gubernur, Minggu malam, 9 Oktober 2022.

Beras Sulsel telah di kirimkan ke seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua. Beras Suslel juga telah-disalurkan sekitar 130 ribu ton ke gudang-gudang BULOG.

Baca Juga: Petani di Sidrap Akui Produksinya Meningkat Berkat Mandiri Benih Padi Bantuan Gubernur

Sedangkan total stok nasional beras BULOG sekarang sekitar 800 ribu. Terkait pengadaan realisasi nasional itu sekitar 730 ribu ton dan Sulsel itu mencapai 180 ribu ton.

“Beras untuk kebutuhan masyarakat kami sendiri kami pastikan terpenuhi, selain itu juga menyuplai ke daerah lain di seluruh Indonesia. Di mana di daerah lain pada kondisi saat ini menahan berasnya,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Stok beras ini,diharapkan akan terus bertambah dengan peningkatan pengadaan beras dari Sulsel. Gubernur sendiri melalui program prioritasnya membagikan benih gratis program Mandiri Benih Pemprov Sulsel. Hasil panen petani meningkat dari 4-5 ton per hektare menjadi 7-8 ton.

Baca Juga: Terbukti, Program Mandiri Benih Sulsel Dongkrak Hasil Pertanian

“Kami memberikan benih gratis, kualitasnya sangat bagus. Produksinya meningkat 8 ton bahkan ada yang 9 ton,” sebutnya.

Pada pertemuan ini juga menyampaikan komitmen Pemprov mendorong Pemda/Pemkot agar mendukung pengadaan BULOG. Penggilingan wilayah untuk memasukkan ke BULOG untuk stok nasional. Serta mendorong sinergitas termasuk bersama kementerian agar pengadaan beras dapat meningkat.

“Mohon BULOG juga di berikan peringkat kabupaten/kota untuk penyarapan beras petani,” ucapnya.

Baca Juga: Ekonomi Sulsel Tumbuh, Gubernur: Sektor Pertanian Berperan Besar

Selain itu, Andi Sudirman meminta program sukses dari daerah lain, yang dapat-diterapkan di Sulsel.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum BULOG, Mokhamad Suyamto menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Sulsel dalam pengamanan stok beras. Sehingga dukungan lanjutan sangat-diperlukan.

“Malam ini berkoordinasi dengan Bapak Gubernur untuk upaya meningkatkan pengadaan penyerapan dalam rangka memperkuat stok pangan,” sebutnya. Ia menyebut Sulsel penyuplai terbesar beras Nasional dengan kontribusi 25-30 persen.

Baca Juga: Bertemu di Makassar, Ganjar Pranowo dan Andi Sudirman Bahas G to G dan B to B Jateng-Sulsel

Peran Sulsel sangat penting dalam memenuhi kebutuhan beras secara nasional. “Sulsel memenuhi 25 persen untuk nasional. Ini peringkat pertama dari kuantum pengadaan maupun penyaluran, di atas Provinsi di Jawa. Beras ini telah-dikirimkan mulai dari Papua sampai Aceh, ini makan beras dari Sulsel,” pungkasnya.

Hadir juga mendamping Kadis Perdagangan Sulsel, Ashari Radja Milo; Pemimpin Wilayah BULOG Kanwil Sulselbar, H. Bakhtiar AS; Wakil Pemimpin Wilayah BULOG Kanwil Sulselbar, Heriswan; dan seluruh Manager Kanwil Sulselbar, serta Kepala Cabang Sidrap dan Makassar. (#)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com