NewsPemilu 2024Politik

Cegah Polarisasi Pemilu 2024, Kapolri Siapkan Ini

JAKARTA, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Jelang Pemilihan Umum 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajarannya untuk bersiap. Terutama untuk cegah polarisasi Pemilu 2024.

Listyo menyampaikan hal itu pada konferensi pers usai menutup Apel Kasatwil 2022 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Rabu (14/12).

Kapolri mengaku saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah langkah-langkah pengaman menjelang Pemilu 2024 yang semakin dekat.

Baca Juga: Parpol Peserta Pemilu 2024 Tarik Nomor Urut, Delapan Pilih Gunakan Nomor Lama

“Kita juga sudah masuk ke tahapan pemilu yang tentunya sudah mulai mempengaruhi tensi. Sehingga mau tidak mau mulai menyiapkan pengamanan baik dari sisi preventif dan preemptive,” ujarnya kepada wartawan.

Ia juga mengaku langkah itu,disiapkan pihaknya dalam rangka mencegah adanya polarisasi saat masa Pemilu berlangsung. Hal ini, dia lakukan dengan menjaga persatuan dan kesatuan dari seluruh elemen bangsa.

Langkah-langkah yang kita lakukan untuk cegah polarisasi Pemilu 2024. Dan, menjaga persatuan dan kesatuan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. Tentunya menjadi bagian yang harus kita persiapkan,” jelas dia.

Baca Juga: Bicara Kecurangan Pemilu, Mahfud MD: Dulu Pemerintah, Sekarang Parpol

Selain itu, Listyo memastikan Polri bakal terus mengedepankan upaya-upaya penegakan hukum terhadap kasus yang saat ini masih bergulir. Terlebih pada kasus-kasus yang sedang menjadi perhatian masyarakat.

“Terus meningkatkan kepercayaan publik dan tentunya ini menjadi komitmen bersama. Kita semua baik dari mulai satuan terbawah, sampai dengan satuan yang ada di Mabes Polri,” pungkasnya.

Kapolri Minta Tingkatkan Soliditas Internal
Kapolri mengaku menggelar Kasatwil 2022 untuk meningkatkan soliditas Korps Bhayangkara. Kegiatan tersebut merupakan refleksi kepolisian selama satu tahun ini dan juga konsep-konsep yang akan-dipersiapkan. Untuk melaksanakan tantangan tugas ke depan.

“Kita sepakat untuk bekerja keras, bersama-sama meningkatkan soliditas,” sambungnya.

Baca Juga: 16 Partai Politik Tak Lolos Pendaftaran di KPU, Bawaslu Siap Terima Gugatan

Sigit menjelaskan dalam apel tersebut ada banyak hal yang telah di diskusikan. Baik secara internal maupun eksternal Polri. Mulai dari evaluasi kinerja Polri selama setahun terakhir hingga mempersiapkan beberapa langkah yang bakal di lakukan ke depan.

“Mulai dari melaksanakan tugas pokok Polri, mengamankan kebijakan pemerintah, mengawal agenda pemerintah. Juga mengamankan kebijakan nasional dan internasional sehingga bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Listyo kemudian mencontohkan pengamanan KTT G20 yang dianggapnya sebagai pengalaman terbaik bagi Polri. Menurutnya, kegiatan tersebut perlu di jadikan sebagai tolak ukur oleh seluruh jajaran dalam menggelar pengamanan lainnya.

Baca Juga: Masifkan Informasi Pemilu 2024, KPU Bone Buka Pendaftaran Badan Adhoc PPK dan PPS

“Kita replikasi ke depan dalam menghadapi event-event internasional yang akan-diselenggarakan. Karena Indonesia akan menjadi salah satu keketuaan Asean,” pungkasnya.

Mabes Polri diketahui menggelar Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2022 untuk melakukan analisis dan evaluasi kinerja tahunan, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/12).

Dalam rapat akhir tahun tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut mengumpulkan pejabat utama Mabes Polri. Beserta seluruh jajaran Kapolda di wilayah Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button