NasionalNewsNusantaraSulsel

PLUT KUMKM Sulsel Terhebat di Indonesia

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menorehkan prestasi di bidang Pusat Layanan Usaha Terpadu–Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM). Pada bidang ini, PLUT KUMKM Sulsel terhebat di Indonesia.

UPTD PLUT Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Sulawesi Selatan berhasil meraih juara 1 kompetisi PLUT Terhebat 2022. Kegiatan ini,digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI yang di selenggarakan di Jakarta.

Kemenkop UMKM RI sebelumnya telah melakukan penjurian ketat terhadap 74 PLUT sejak bulan Oktober 2022 lalu. Penilaian di lakukan terhadap kinerja dan inovasi semua pelayanan usaha Koperasi dan UKM yang ada di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman dapat Penghargaan “Merdeka Award” dalam Peningkatan UMKM Sulsel

Kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan Indriastuti Saggaf mengatakan pada kompetisi PLUT tahun 2022 ini, Sulsel memaparkan inovasi yang berbeda dari daerah lainnya. Mereka menyiapkan program unggulan untuk mempermudah pelaku usaha.

Indriastuti menjelaskan pihaknya tidak hanya sekadar menjadikan PLUT sebagai rumah yang ramah bagi KUMKM. Namun juga inovasi “one stop service”.

Inovasi seperti tanya PLUT, NIA PLUT, learning management system bahkan toko online cukup di akses melalui website plutsulsel.com. Tidak harus offline.

Di aplikasi itu sudah terdapat pendampingan dan konsultasi, inkubasi,  bussiness matching, transformasi digital, hingga showcase bagi produk UMKM dan wirausaha baru.

“Jumlah UMKM di Susel mencapai 1,5 juta. Sangat banyak. Tentu tidak bisa di layani oleh PLUT jika offline. Sehingga solusinya melalui pelayanan online,” kata Indriastuti.

Baca Juga: Resmikan Kampus UMKM Shopee, Gubernur Andi Sudirman Harap UMKM Sulsel Naik Kelas

Inovasi ini juga bentuk tindaklanjut dari arahan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki. Kata Teten, pelaku UMKM harus bisa membiasakan diri menggunakan ekosistem digital.

Teten menambahkan peran PLUT sangat vital sebagai perubahan perekonomian nasional. Ia pun mengapresiasi semua peserta sebab di nilai turut mendorong UMKM dapat naik kelas.

“Dari sinilah peran PLUT KUMKM menjadi sangat vital untuk mengawal perubahan mendasar dan struktural bagi sistem perekonomian nasional dengan,” ujar Teten.

Hal yang sama di ungkapkan Direktur Pengembangan UMKM dan Koperasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas), Ahmad Dading Gunadi.

Ia mengungkapkan dia terpukau dengan inovasi yang-dilakukan oleh PLUT KUMKM dari berbagai daerah. Ahmad berharap agar PLUT terus berupaya memberikan layanan pendampingan usaha yang inklusif kepada para pelaku UMKM dan wirausaha.

Baca Juga: Pekan Raya Sulsel ke-8 Jadi Ajang Promosi UMKM

Sementara, Plt Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pemprov Sulsel Sukarniaty Kondolele mengaku sangat bangga dan mengapresiasi torehan PLUT Sulawesi Selatan.

Menurutnya, prestasi ini membuktikan bahwa PLUT Sulsel telah hadir sebagai tempat layanan full services KUMKM. Pelaku usaha kini bisa melakukan konsultasi bisnis KUMKM, pendampingan atau mentoring bisnis, fasilitasi akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, networking dengan mudah.

PLUT Sulawesi Selatan sendiri telah hadir seja tahun 2014. PLUT hadir sebagai unit teknis yang memberikan layanan pendampingan usaha yang inklusif. Dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi, UMK, dan wirausaha secara komprehensif dan terpadu melalui sejumlah fungsi layanan utama.

Layanan tersebut antara lain berupa layanan pendaftaran dan perizinan usaha, konsultansi dan pendampingan bisnis, promosi dan pemasaran produk. Juga, pelatihan teknis dan manajerial, inkubasi bisnis, co-working space, seleksi dan kurasi, penguatan sinergi dan fasilitasi pendukung wirausaha lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button