InternasionalNewsOlahraga

Argentina Juara Piala Dunia 2022 Melalui Drama Adu Penalti

QATAR, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Tim Tango Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti atas Prancis 4-2 di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12) waktu setempat. Ini kali ketiga Argentina merebut tropi sepakbola bergengsi itu setelah 1986, 1978.

Pada laga final kontra Perancis, tim asal Amerika Selatan itu, unggul lebih dulu pada babak pertama 1-0 lewat penalti Lionel Messi pada menit ke-23. Argentina memperoleh hadiah penalti atas kesalahan Ousmane Dembele yang mengganjal Angel Di Maria dalam kotak gawang.

Kemudian pada menit ke-36 Argentina menambah satu gol. Gol indah ini, dari kaki Angel Di Maria. Gol berawal dari kerja sama apik antara Lionel Messi dan Julian Alvarez, Argentina melakukan serangan balik apik yang membelah pertahanan Prancis.

Alvarez kemudian mengirim bola ke Alexis Mac Allister yang lolos jebakan offside. Mac Allister lalu dengan cermat membuat assist ke Angel Di Maria yang dengan bebas menaklukkan Hugo Lloris. Skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga akhir babak pertama.

Baca Juga: Kalahkan Belanda Lewat Adu Penalti,A rgentina Lolos ke Semifinal

Prancis baru bangkit ketika Kylian Mbappe mencetak dua gol hanya dalam 97 detik pada menit ke-80 dan 81 untuk menyamakan kedudukan 2-2.

Mbappe mencetak gol pertama lewat tendangan penalti atas pelanggaran Nicolas Otamendi terhadap Randal Kolo Muani. Tendangan Mbappe nyaris di tepis Emiliano Martinez yang menebak arah tendangan dengan tepat.

97 detik kemudian, Mbappe mencetak gol spektakuler setelah menerima umpan Marcus Thuram. Lewat tendangan voli, Mbappe menggetarkan gawang Argentina. Skor imbang 2-2 bertahan hingga akhir 90 menit dan laga berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan pertama Argentina punya dua peluang emas melalui Lautaro Martinez. Tapi Dayot Upamecano dua kali menggagalkan peluang emas Lautaro lewat blok luar biasa.

Baca Juga: Maroko Lolos Semifinal Usai Tumbangkan Portugal 1-0

Messi kembali membawa Argentina unggul 3-2 lewat gol pada menit ke-109. Namun Prancis tidak menyerah. Mbappe mencetak gol penalti pada menit ke-118 untuk menyamakan kedudukan 3-3 setelah Gonzalo Montiel melakukan handball.

Dengan skor imbang adu penalti kemudian di gelar untuk menentukan kemenangan di final Piala Dunia 2022.

Pada babak adu penalti dua penendang penalti Prancis Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni gagal mengeksekusi. Argentina pun menang 4-2 atas Prancis di drama adu penalti.

Akhir FIFA World Cup 2022 Qatar, Argentina juara pertama, Prancis tempat kedua. Dan Kroasia di tempat ketiga yang mengalahkan Maroko.

Susunan Pemain

Argentina: Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel, 91′), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo De Paul (Leandro Paredes, 102′), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Angel Di Maria (Marcos Acuna, 64′); Lionel Messi, Julian Alvarez (Lautaro Martinez, 102′) .

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez (Eduardo Camavinga, 71′); Adrien Rabiot (Youssouf Fofana, 96′), Aurelien Tchouameni; Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani, 42′), Antoine Griezmann (Kingsley Coman, 71′) , Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram, 42′).

(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button