NewsNusantaraSulsel

Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Keuangan Rp27 M ke Toraja, Tuntaskan Pembangunan Wisata Ollon dan Subsidi Tiket

TANA TORAJA, NEWSURBAN.ID β€” Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan keuangan (BK) daerah Rp27 miliar ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator) untuk penuntasan jalan wisata Ollon dan subsidi pesawat rute Toraja – Balikpapan, di Bandara Pongtiku Tana Toraja, Selasa 27 Desember 2022.

Andi Sudirman mengatakan bantuan keuangan ini dapat digunakan untuk menuntaskan pembangunan jalan ke objek wisata Ollon tahun 2023. Dia berharap dengan hadirnya jalan itu, destinasi Wisata Ollon bisa di akses semua kendaraan.

β€œRp27 miliar Tahun Anggaran 2023 kita serahkan bantuan keungan Provinsi Sulsel kepada Pemkab Tana Toraja untuk penuntasan jalan wisata Ollon,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga:Β Pemprov Beri Bantuan Keuangan Subsidi Penerbangan Toraja-Balikpapan, Menhub Apresiasi Gubernur Sulsel

Di laporan ke gubernur, progres terakhir 5 Kilometer sudah 90 persen teraspal. Masih terdapat 6 Kilometer yang akan di kerja. Sehingga di harapkan di tahun 2023 dapat tuntas dan kendaraan mobil sudah bisa masuk mengakses ke Ollon.

β€œTarget tuntas jalan menuju Ollon 2023 dapat di lakukan pada semester pertama di tahun 2023,” kata Andi Sudirman.

Sementara itu, bantuan subsidi tiket yang telah di gulirkan tahun ini, tetap akan di lanjutkan tahun depan. β€œBantuan ini juga untuk subsidi tiket pesawat rute Toraja-Balikpapan,” sebutnya.

Baca Juga:Β Pemprov Sulsel Kembali Bantu Ollon Rp 22,5 M di Toraja, Gubernur: Jangan Tidak Terserap Lagi

Di ketahui untuk tahun 2022 ini, Pemprov Sulsel sudah menggelontorkan bantuan keuangan senilai Rp22,5 miliar untuk Pemkab Tana Toraja. Bantuan itu untuk pengerjaan tahap awal pembangunan jalan ke Ollon.

Keberadaan di kabupaten yang termasyhur dengan objek wisata dan budayanya ini, dimanfaatkan Gubernur untuk memantau situasi Natal. β€œKami sekaligus pada kunjungan kerja ini memantau situasi Natal di Toraja,” ucapnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga menyempatkan meninjau produk pertanian unggulan dari Tana Toraja. Seperti Kopi Toraja dan lombok Katokkong, di Pameran Pangan Lokal Tana Toraja.

Baca Juga:Β Tinjau Pembelajaran Smart School di Toraja, Gubernur Andi Sudirman: Kita Ingin Satu Standar Se Sulsel

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel atas kepeduliannya dalam membangun pariwisata di Toraja.

“Kami terus membangun destinasi wisata baru, seperti Sarira di Makale Utara dan Ollon di Bonggakaradeng. Terima kasih atas bantuannya Pak Gubernur. Semoga tahun depan bisa di tuntaskan,” kata Theofilus.

Dia bahkan mengajak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk berkemah di Ollon jika akses jalan sudah seratus persen di kerjakan tahun depan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button