NewsNusantaraSulsel

Wujudkan Gowa Satu Data, Pemkab-BPS Gowa Lakukan Pelatihan Internal

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berupaya mewujudkan Gowa satu data sebagai rujukan dalam membuat kebijakan. Salah satunya melalui Pembinaan dan Pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa di Meelo Cafe and Resto Samata, Rabu (28/12).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan kegiatan pembinaan dan pelatihan ini dilaksanakan untuk mendorong dan memfasilitasi penyelenggaraan statistik sektoral dalam mewujudkan satu data Indonesia.

“Kegiatan ini akan menghasilkan SDM yang kompeten untuk melakukan kegiatan statistik secara mandiri dan berkelanjutan terutama dalam menyediakan berbagai informasi dan data statistik di satuan kerja masing-masing,” ungkapnya.

Kamsina mengaku, kegiatan ini menjadi momentum yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Gowa. Pasalnya salah satu manfaat yang akan di dapatkan yakni memastikan terpenuhinya kebutuhan data sebagai pijakan dalam merumuskan kebijakan pembangunan oleh pemerintah. Termasuk, dunia usaha dan masyarakat Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Abd Rauf Instruksikan Relawan PMI Gowa Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

“Sangat penting untuk mendukung pelaksanaan ini dan berkolaborasi dengan BPS selaku pembina data. Serta mempertahankan keberlanjutan kegiatan ini sampai pada terwujudnya kemandirian masing-masing SKPD menyelenggarakan kegiatan statistik. Sesuai fungsi dan tugas pemerintahan yang menjadi tanggung jawabnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gowa, Abd. Hafid mengatakan data berkualitas sangat di butuhkan oleh pemerintah dalam pengambilan keputusan. Dan sangat di butuhkan oleh masyarakat dan pelaku usaha untuk langkah-langkah ke depannya.

“Penggunaan SDM, para pengelola data pemerintah atau data statistik sektoral. Seperti yang di laksanakan hari ini untuk meningkatkan literasi statistik dalam rangka pelaksanaan pembangunan yang lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Kerjasama BNPB Gantikan Rumah Terdampak Longsor di Parangloe

Ia menyampaikan, pembinaan statistik tersebut akan berfokus pada beberapa hal. Yakni standarisasi pengelolaan data statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik. Dan, peningkatan data ASN serta peran aktif para penentu kebijakan.

“Hasil yang akan di peroleh dari kegiatan pembinaan ini adalah terkelolanya data statistik sesuai tugas dan fungsi masing-masing SKPD. Dan memperkuat komitmen dengan semua pihak terbaik sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas penyelenggara statistik sektoral,” jelasnya.

Pelatihan yang di ikuti sebanyak 56 orang perwakilan SKPD Lingkup Pemkab. Gowa ini, menghadirkan Pemateri Kepala Dinas KominfoSP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni, Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan. Dan Fungsional Statistisi Ahli Muda BPS Provinsi Sulawesi Selatan, Rahmiati Rahim. (NH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button