MetroNews

Kemendagri Tunjuk Makassar Tuan Rumah Hari Otda XXVII

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjuk Kota Makassar menjadi tuan rumah Hari Otonomi Daerah atau Hari Otda XXVII yang diperingati setiap 25 April.

Penunjukan Kota Makassar sebagai tuan rumah, melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kemendagri. Persiapan pelaksanaannya, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah mengadakan rapat persiapan, di Gedung F Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/02/2023).

Asisten I Pemkot Makassar Andi Muh Yasir bersama Kepala Bagian Tata Pemerintahan Aswin turut hadir. Rapat persiapan di pimpin langsung Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri Maddaremmeng. Ia di dampingi Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah (EKPKD) Deddy Winarwan.

Baca Juga: Danny Pomanto Optimis Inovasi Lorong Wisata Bawa Makassar Peringkat Pertama Nasional PPD 2023

Peringatan Hari Otda XXVII tahun ini, merupakan kali pertama sejak pandemi Covid-19. Sebelumnya pada 2019 lalu, Hari Otda XXIII berlangsung di Kabupaten Banyuwangi.

“Tahun ini kita gelar di Kota Makassar. Sehingga rapat ini kita adakan untuk melihat sejauh mana kesiapan Pemkot Makassar menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Maddaremmeng.

Ada beberapa usulan rangkaian kegiatan masuk.  Seperti, Upacara Peringatan Hari Otda XXVII, Malam Pentas Kreasi Budaya dan Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah Tahun 2023, dan Pengumuman Hasil EPPD 2022.

Baca Juga: Pemkot Makassar Gelar Pasar Murah di 50 Kontainer Makassar Recover

Sehingga setelah rapat hari ini, tim dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri RI akan berkunjung ke Makassar melakukan rapat lanjutan bersama Wali Kota Moh. Ramdhan Pomanto.

“Insya Allah Senin pekan depan kami akan datang ke Makassar membahas secara detail acaranya. Karena ini kan baru konsep,” tuturnya.

Rencananya, Hari Otda XXVII di Makassar, akan hadir seluruh kepala daerah se-Indonesia. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hingga Presiden Joko Widodo rencananya akan hadir.

Kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Asisten I Andi Muh. Yasir mewakili Pemkot Makassar menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII.

Baca Juga: Danny Pomanto Optimis Inovasi Lorong Wisata Bawa Makassar Peringkat Pertama Nasional PPD 2023

“Hasil rapat hari ini nanti langsung kita laporkan ke bapak wali kota. Yang jelas kami siap menjadi tuan rumah Hari Otda XXVII,” kata Andi Muh Yasir.

Yasir menyampaikan ada beberapa poin penting dibahas bersama dengan panitia dari Ditjen Otda Kemendagri.. Mulai dari tema, logo, hingga rangkaian acara.

“Tadi ada beberapa usulan tema yang panitia sampaikan. Itu juga nanti kita sampaikan ke pak wali mungkin saja beliau punya usulan. Begitu juga dengan rangkaian acaranya,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button