MetroNewsSulsel

Sofha Marwah Bahtiar Ikut Belajar Teknik Ecoprint Bersama Peserta Program PKW 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2023 Kerjasama Dekranasda Sulsel dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, masih berlangsung. Sebelumnya, kegiatan ini dibuka Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, pada 16 Oktober 2023 lalu. Pada kegiatan itu, Sofha Marwah Bahtiar ikut belajar teknik ecoprint bersama peserta Program PKW 2023.

Saat mengunjungi peserta program PKW 2023, di Aula Masagena SMK Negeri 8 Makassar, Sofha Marwah ikut belajar teknik ecoprint bersama para peserta, yang sebagian besar merupakan kalangan anak muda.

Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan dan pemberian motif pada kain dengan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan seperti kulit batang pohon, daun, bunga atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna. Daun tumbuhan yang sering digunakan untuk ecoprint diantaranya yaitu daun jati, daun kelor, daun jarak dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kunjungi Rumah Kemasan Milik Dinas Perindag Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar Minta UMKM Tetap Subsidi

Sofha Marwah terlihat sangat antusias, mengikuti tahapan demi tahapan teknik ecoprint, yang-diajarkan langsung oleh instruktur, Nurlela, yang merupakan pemilik Cantika Sakbena Soppeng. Mulai dari pengaturan berbagai jenis daun di atas kain, hingga proses perebusan.

Teknik ecoprint yang tidak membutuhkan teknologi cukup mahal, dan hanya mengandalkan bahan-bahan dari lingkungan sekitar, cukup menarik perhatian Sofha Marwah. Menurutnya, kalangan ibu rumah tangga bisa cukup mudah mempelajari teknik ini, untuk kemudian menjadi sumber pendapatan baru bagi mereka.

“Ibu rumah tangga juga bisa ya melakukan ini, untuk jadi tambahan sumber pendapatan. Bahan-bahan dan alatnya mudah, ada di sekitar kita semuanya. Tinggal kita ajarkan tekniknya,” ujar Sofha Marwah yang ikut belajar teknik ecoprint bersama peserta program PKW 2023.

Baca Juga: Di Rakorda, Sofha Marwah Bahtiar Tegaskan Siap Sukseskan Program Prioritas Pemprov Sulsel

Usai mengunjungi peserta program PKW 2023, Sofha Marwah juga berkeliling SMK Negeri 8 Makassar. Ia meninjau sejumlah fasilitas yang ada sekolah kejuruan tersebut. Seperti sanggar busana, kecantikan, hingga pastry and bakery. Ia memberikan apresiasinya kepada para siswa di sekolah tersebut, yang mampu berkarya dan siap memasuki dunia kerja. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button