MetroNewsSulsel

Hadirkan Aplikasi Sipammase, Diskominfo-SP Sulsel Tingkatkan Peran OPD pada Penilaian Mandiri SPBE

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Pemprov Sulsel akan menghadirkan aplikasi Sipammase untuk meningkatkan peran OPD melakukan penilaian mandiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal itu di bahas dalam pertemuan Rapat Monitoring dan Evaluasi SPBE lingkup Pemprov Sulsel, Selasa (30/5/2023).

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo-SP Sulsel, Irvan menyebut rapat ini untuk meningkatkan indeks kematangan SPBE di Pemprov Sulsel.

Baca Juga: Buka Akses Pinrang-Tana Toraja di Simbuang-Mappak, Tahun Ini Gubernur Sulsel Alokasikan Rp17 M

“Monev ini di selenggarakan dalam rangka peningkatan peran perangkat daerah terkait. Dalam pemenuhan evidence (bukti) pada penilaian mandiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” kata Irvan.

Untuk memudahkan pengumpulan bukti penilaian mandiri SPBE, bidang Aptika membangun aplikasi SIPAMMASE. Aplikasi ini turut di sosialisasikan dalam rapat monev.

Baca Juga: Jalin Sinergitas Pelayanan Informasi, Dinas Kominfo-SP Sulsel Kunjungi Dinas Kominfo- SP Bantaeng

“Aplikasi ini adalah aplikasi pemenuhan indikator penilaian SPBE. Fungsinya untuk memfasilitasi OPD berkontribusi langsung terhadap SPBE dengan menjawab indikator penilaian,” jelas Irvan.

Asisten III Bidang Administrasi Provinsi Sulsel, Tautoto Tana Ranggina yang membuka rapat meminta peran aktif setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan penilaian mandiri SPBE.

Baca Juga: Dinas Kominfo-SP Sulsel dan BPS Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Kepala Diskominfo-SP Sulsel, Andi Winarno Eka Putra menyampaikan hal yang sama. Ia  menyebut peningkatan indeks kematangan SPBE Pemprov Sulsel bisa di capai jika ada kolaborasi bersama.

“Kalau kita berkolaborasi, Insya Allah peningkatan indeks kematangan bisa di capai. Tahun 2022 lalu kita sudah di angka dari 2,35. Itu sudah berada di atas rata-rata nasional capaian indeks kematangan SPBE,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button