MetroNews

BRIN Dorong Pemerintah Daerah di Indonesia Contoh Program Lorong Wisata Inovasi Danny Pomanto

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dorong pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota di Indonesia agar mencontoh penataan ruang Lorong Wisata inovasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan (Pomanto Danny).

Itu disampaikan Koordinator Fungsi Penyiapan Perumusan dan Pelaksanaan Kebijakan Bidang Diseminasi Riset dan Inovasi Daerah BRIN Aris Irawan saat bertemu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, di Amirullah, Kamis (29/2).

Lorong Wisata adalah inovasi Wali Kota Danny Pomanto yang resmi dilaunching pada Agustus 2022 lalu yang saat ini terus berkembang dan sudah lebih 2.000 lorong tersebar di seluruh kecamatan.

Baca Juga: PJ Sekda Makassar Support Program Perkuatan Keimanan Umat DPD LDII Makassar

Program ini memuat 21 konten di dalamnya. Mulai food security, inflation control, circular economy, city farming, city garden, sosial mitigasi, destinasi wisata baru, hingga pengembangan UMKM.

“Kami menganggap ini sesuatu yang bagus. Dan kami juga pengen apa yang ada di sini bisa-dicopy dan-desiminasikan sebagai inspirasi di beberapa kota,” kata Aris Irawan.

Dengan begitu, program yang inisiasi langsung Wali Kota Danny Pomanto juga-diharapkan bisa menginspirasi pemerintah daerah. Atau pimpinan daerah dalam membangun daerahnya.

Baca Juga: Danny Pomanto Terima Penghargaan Baznas RI sebagai Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Apalagi menurutnya pribadi, Danny Pomanto merupakan sosok kepala daerah yang cerdas, kreatif, dan energik.

“Beliau (Danny Pomanto) ini punya ide yang bagus dan bisa mengeksekusinya. Karena tidak semua orang yang punya ide dan bisa mengeksekusi. Naj pak wali ini kombinasi itu,” tuturnya.

Rencananya, ke depan BRIN akan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Makassar. Untuk mengekpose konsep yang sudah di terapkan di Kota Makassar.

“Konsep yang ada di sini akan kita ekspos ke pemerintah lain melalui forum Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) BRIDA yang akan kita gelar nanti,” ucap Aris.

Baca Juga: Danny Pomanto Paparkan Mega Proyek 2024, Tawarkan Revitalisasi Pantai Losari Jadikan Waterfront City Kelas Dunia

Sementara Wali Kota Danny Pomanto memohon bimbingan dari teman-teman BRIN. Apalagi Kota Makassar baru bermetamorfosa menjadi BRIDA tahun ini.

“Kami mohon bimbingan BRIN, secara ekosistem kita sudah siap,” singkatnya.

Danny Pomanto juga menyampaikan terima kasih atas pujian yang-dilontarkan BRIN atas inovasi Lorong Wisata yang sudah berjalan saat ini.

Baca Juga: Danny Pomanto Dampingi Pj Gubernur Sulsel Temui Presiden Jokowi Bahas Empat Poin

Kata Danny Pomanto, inti dari sebuah kota adalah public engagement, yaitu bagaimana melibatkan masyarakat dalam membangun sebuah kota.

Sehingga Danny Pomanto membuat ekosistem kota secara mandiri melalui Lorong Wisata yang menjadikan Makassar saat ini sebagai kota yang resilient. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button