EkonomiKalimantanNewsPariwisataPendidikanSulsel
Trending

Pemkot Bontang Berguru di Gowa Tentang Pendidikan Gratis dan Optimalisasi PAD

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Gowa. Kunjungan diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (07/01/22).

Walikota Bontang, Basri Rase mengungkapkan Kota Bontang yang baru berdiri 20 tahun ini membutuhkan berbagai pengetahuan untuk peningkatan tata pemerintahan. Salah satunya di Bidang Pendidikan, Pariwisata dan optimalisasi PAD.

“Hari ini kita berkunjung ke Gowa selain untuk bersilaturahmi sekaligus untuk sharing beberapa program. Kita tahu Kabupaten Gowa ini daerah yang luar biasa dalam sektor pendidikan makanya kami yang baru berumur 20 tahun harus mendapat banyak pengetahuan,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Gowa Akan Susun Perda Pendidikan Antikorupsi Mulai Sekolah Dasar

Basri mengaku, program pendidikan gratis Gowa sangat baik menjadi opsi bagi Pemerintah Kota Bontang. Pasalnya program tersebut menggratiskan seluruh sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA baik negeri maupun swasta.

“Kita sebenarnya sudah memiliki pendidikan gratis tapi tidak sesempurna yang ada di Gowa. Sehingga melalui kunjungan ini kita nanti akan sempurnakan. Begitupun dengan optimalisasi PAD untuk memanfaatkan perusahaan industri kami agar memiliki NPWP cabang,” jelasnya.

Olehnya ia berharap setelah pertemuan ini, OPD Kota Bontang bisa menindaklanjuti secara teknis dengan SKPD terkait di Kabupaten Gowa untuk meningkatkan program-program pembangunan di Kota Bontang itu sendiri.

Menanggapi hal ini Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan pendidikan gratis Kabupaten Gowa sudah ada sejak masa kepemimpinan ayahandanya Alm Ichsan Yasin Limpo tahun 2008 hingga sekarang. Di mana melalui program tersebut tidak ada lagi anak yang ingin sekolah namun terkendala oleh biaya di Kabupaten Gowa.

Baca juga: Pajak Minerba Didorong untuk Tingkatkan PAD Gowa di 2022

“Pendidikan gratis ini semua anak yang ingin sekolah di Gowa baik SD,SMP, SMA semua gratis dan itu berlaku untuk semuanya tanpa memikirkan status sosialnya begitupun sekolah negeri maupun swasta,” jelasnya.

Tak hanya itu ia juga mengatakan, pada periode keduanya ini bersama Wakil Bupati, Abd Rauf Malaganni, Pemerintah Kabupaten Gowa akan memberikan beasiswa penuh kepada siswa berprestasi yang ingin melanjutkan kuliah baik di Makassar maupun universitas ternama di Indonesia.

“Beasiswa ini kita gandeng desa dan kelurahan. Jadi apabila ada yang ingin kuliah di universitas ternama di Makassar itu akan ditanggung menggunakan dana desa/kelurahan. Tetapi jika ada yang ingin lanjut di universitas ternama Indonesia itu menggunakan anggaran pemerintah. Semua ini full dari masuk hingga lulus,” tambah Adnan.

Baca juga: Pengelola Pariwisata Gowa Terus Berdandan Pikat Hati Wisatawan

Sementara, dalam optimalisasi PAD, pihaknya berfokus pada sektor pariwisata, pertanian, peternakan dan perkebunan. Menurutnya sektor inilah yang akan memasukkan PAD full ke daerah.

“Salah satu cara untuk meningkatkan PAD Kabupaten Gowa yakni pada sektor pariwisata, karena begitu pariwisata berkembang maka seluruh pajaknya menjadi milik kabupaten. Itulah kenapa Gowa menggalakkan pariwisata karena semakin besar kemampuan daerah maka semakin banyak masyarakat yang bisa kita bantu dan banyak juga program yang bisa kita hadirkan,” jelasnya.

Adnan berharap melalui kunjungan ini pihaknya bersama Pemerintah Kota Bontang. Bisa bekerjasama dan belajar untuk daerah yang semakin baik dan sejahtera dimasa yang akan datang. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com