NasionalNewsPolitik
Trending

PDIP Bakal Usung Gibran dan Risma di Pilgub DKI Jakarta 2024

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial Tri Rismaharini masuk dalam bursa calon Pilgub DKI Jakarta 2024. Dua nama itu masuk dalam daftar calon gubernur DKI Jakrta usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya akan mengusulkan Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Ia mengatakan keduanya memiliki potensi yang kuat lantaran memiliki rekam jejak sebagai kepala pemerintahan di daerahnya masing-masing.

“Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di Kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Mas Gibran beliau sudah terpilih sebagai Wali Kota Solo tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran,” kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (7/1).

Tak hanya Gibran dan Risma, pihak partai juga melakukan proses kaderisasi di Sekolah Partai PDIP. Dan baginya, orang-orang tersebut layak maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

“Tidak hanya dua nama (Risma dan Gibran). Ada juga Anas dari Banyuwangi, Hendi dari Semarang, kemudian pak Kanang dari kabupaten Ngawi. Cukup banyak,” ujar Hasto.

Sebagai informasi, Pilkada Serentak 2024 akan digelar, termasuk pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Walau pemilihan seharusnya tahun ini, namun pemerintah memutuskan untuk menunda Pilkada hingga 2 tahun mendatang.

Untuk itu, pemerintah nantinya akan memilih pelaksana tugas (plt) kepala daerah hingga menunggu Pilkada pada 2024. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nantinya akan mengusulkan nama plt gubernur dan akan-dipilih oleh presiden.

Mendagri akan memiliki plt gubernur dari pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya atau setara eselon I. (bs/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button