MetroNews

Tingkatkan Indeks Literasi Masyarakat Bupati Bone Dorong Perpusnas Bantu Perpus Desa

BONE, NEWSURBAN.ID Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPR RI Drs. A. Muawiyah Ramly, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI, Dr Adin Bondar, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone Dr. Rahmatunnair, dan Pegiat Literasi Kabupaten Bone Drs. Bahtiar Parenrengi.

Saat membuka acara tersebut Bupati Bone Andi Fahsar mengucapkan terima kasih atas perjuangan Amure, A Muawiyah Ramli dan Perpustakaan Nasional membantu Kabupaten Bone.

Baca Juga : IGA 2023, Danny Pomanto Raih Penghargaan Kategori Wali Kota Terpopuler se-Indonesia

“Terima kasih Perpustakaan Nasional menempatkan kegiatan literasi di Bone, di samping karena memang Perpustakaan Nasional sudah menjadi kewajiban berkegiatan di daerah, saya yakin ada tangan tangan lain yang membantu kegiatan ini, terima kasih Amure,” ungkapnya Sabtu 17/6/2023.

Fahsar pun berharap Perpustakaan Nasional dapat membantu pemerintah daerah dan pemerintah desa bagaimana mengelola perpustakaan yang baik yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena di Bone ini perkembangan perpustakaan luar biasa, ada desa bahkan membangun gedung perpustakaan tempat baca di desa desa dengan dua lantai,” kata Andi Fahsar.

Selain itu, Ketua IKA Fisip Unhas. juga meminta Perpustakaan nasional membantu literasi buku buku perpustakaan yang ada di pelosok-pelosok desa.

“Harus diketahui jumlah buku terbatas yang dimiliki perpustakaan desa desa, terutama buku yang bisa mendorong berkreasi,” tambahnya.

Baca Juga : Gubernur Terpopuler di Media Pemberitaan Online, Andi Sudirman Raih The 1st Indonesia GPR Awards 2023

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI, Dr Adin Bondar menuturkan pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional senantiasa mendukung kemajuan literasi masyarakat di daerah.

“Karena pada dasarnya tidak ada negara yang maju tanpa literasi yang kuat, masyarakat yang budaya bacanya yang kuat, dapar mendorong masyarakat yang inovatif, kreatif dan produktif sehingga masyarakat menjadi sejahtera,” tuturnya.

Untuk Kabupaten Bone, sejumlah bantuan dikucurkan untuk mengembangkan perpustakaan.

“Kita sudah berikan 10 Miliar Gedung Perpustakaan di Kabupaten Bone, Bone telah kita salurkan tiga mobol keliling tiga unit, perpus digital dua unit, dan beberapa perpustakaan desa,” kata Adin Bondar.(far)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button