EkonomiNewsSulteng

KEK Palu Tawarkan Kemudahan, Wali Kota Hadi Ajak Investor Berinvestasi

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid mengajak investor untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Palu. Ia akan memberikan kemudahan.

Hal itu, ia sampaikan saat menghadiri acara Sosialisasi Fasilitas dan Kemudahan Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kegiatan itu,dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Sutan Raja pada Selasa (22/11/2022.

Hadir pula Sekjen Dewan Nasional KEK Elen Setiadi, Wakil Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Budi Santoso, Plt. Kepala Administrator KEK Palu Irwan Indrayana dan stakeholder lainnya.

Baca Juga: Bappeda Kota Palu Dorong Penguatan Terkait Penyusunan Dokumen Perencanaan

Wali Kota Palu juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada administrator kawasan ekonomi khusus Palu. Yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi fasilitas dan kemudahan investasi di kawasan ekonomi khusus.

Ia mengungkapkan, Kawasan Ekonomi Khusus Palu telah oroperasional sejak tahun 2017. Peresmiannya oleh Menteri Kordinator Perekonomian.

“(KEK Palu) dalam hal operasionalnya,dilaksanakan oleh PT. BPST selaku badan pengelola dan pembangun kawasan. Kemudian sebagai regulator dalam perizinan dalam kawasan-dilaksanakan oleh administrator KEK-Palu.

Sejak beroperasinya tahun 2017 sampai dengan sekarang telah berdiri beberapa tenant di kawasan ekonomi khusus itu.

Baca Juga: Kongres I IAPI Sulteng Bahas Palu Geopark City

“Jadi harapan kami kepada stakeholder dan para pelaku usaha setelah mengikuti sosialisasi ini, kiranya dapat menjadi daya tarik. Untuk berinvestasi di KEK karena berbagai macam kelebihan fasilitas dan kemudahannya,” tutur Hadianto Rasyid.

Ia lalu membandingkan berinvestasi di luar kawasan ekonomi khusus dan di kawasan ekonomi khusus. “Dengan meningkatnya jumlah investor di kawasan ekonomi khusus Palu dapat menjadi kawasan ekonomi baru yang meningkat khususnya di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Hadi mengatakan, indikator meningkatnya investasi di kawasan ekonomi khusus, terlihat pada pertumbuhan ekonomi Palu yang terus meningkat. Selain itu, penyerapan tenaga kerja meningkat. Dan daerah di sekitarnya mendapat dampak dari multiplayer efect ekonomi kawasan ekonomi palu.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Apreasiasi Kalla Toyota Carnaval 2022 Digelar di Kota Palu

Ada pun tenant yang berinvestasi di KEK Palu yakni PT. Hongthai Internasional investasi getah pinus ekspor India dan China, PT. Asbuton Jaya Abadi investasi ready mix aspal Buton untuk domestik.

Selain itu, PT. Ganda Parade Artana Investasi Mix Concrette Beton untuk domestik, PT. Sentosa Utama Lestari pengolahan jagung pakan ternak untuk domestik. Lalu, Sulawesi Global Comodity investasi buah kelapa untuk domestik, Sulawesi Centeral Comodity investasi biji cokelat untuk domestik dan sejumlah tenant lainnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com