NewsSulsel

Pembangunan Bola Soba Masih Berpolemik, Pemkab Bone Percayakan Assitobonengeng Bangun Bola Subbiq di Palakka

# Hasil Diskusi Tudang Sipulung Assitobonengeng

BONE, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone percayakan Assitobonengeng untuk bangun Bola Subbiq di Palakka. Itu merupakan salah satu poin diskusi Tudang Sipulung sejumlah pemuda aktivis Forum Assitobonengeng.

Forum Assitobonengeng menggelar dikusi ini untuk memperjelas status Bola Soba yang masih berpolemik. Namun polemik menemui secerah harapan. Dalam forum itu, Pemkab Bone percayakan Assitobonengeng untuk bangun Bola Subbiq.

Di mana Tudang Sipulung ini bertema Aksi Solidaritas To Bone Assiamaturuseng Ripakkawarunna Ade’ E Ritanah Bone yang digagas oleh salah satu Pemuda yang bernama Andi Singkeru Rukka dan beberapa pemuda Assitobonengeng.

Baca Juga: Pasca Tenggelamnya Kayu Ulin Kontrak Pembangunan Bola Soba-Dihentikan Sementara

Tudang Sipulung ini di gelar tepatnya di lokasi Bola Soba yang mengalami musibah kebakaran pada dua tahun yang lalu, di Jl. Latenritatta Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Saat diskusi, hadir langsung langsung Pj. Bupati Bone Andi Islamuddin, Ketua DPRD Bone dan beberapa Tokoh adat lainnya Sabtu (28,/10/2023).

Para pemuda Assitobonengeng meminta Pemkab Bone untuk membangun kembali Bola Soba di tempat semula yakni di Jl. Latenritatta bukan di Palakka.

Kenapa saya dan para teman teman di Forum Assitobonengeng ingin bola soba kembali di bangun di sini. Karena ada nilai sejarah yang harus tetap kita jaga,” ungkapnya.

Baca Juga: Terkait Pembangunan Bola Soba Warga Watang Palakka Minta Situs Bersejarah Tak-Dihilangkan

Kami selalu mendukung Pemda Bone dalam hal pembangunan. Namum kali ini, Pj Bupati Bone percayakan Assitobonengeng untuk bangun Bola Soba di tempat semula.

“Kalau pun memeng nantinya Pak PJ Bupati Bone Andi Islamuddin tetap melanjutkan pembangunan Bola Soba di Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat itulah keputusan terbaik buat Pemda Bone,” tutur Andi Singkeru Rukka.

Sementara itu PJ Bupati Bone Andi Islamuddin mengatakan bahwa Pemda Bone sudah menganggarkan pembangunan Bola Soba di Palakka.

Baca Juga: Lahan Pembangunan Bola Soba-Diklaim Warga Bupati Bone Silahkan Buktikan Di Pengadilan

Mustahil untuk pindahkan kembali ketempat asalnya dan saat ini proses pembangunannya sementara berjalan,” ungkapnya.

Lanjut PJ Bupati, sebagai mana kita ketahui kalau perjalanan proses pembangunan bola soba saat ini banyak mengalami kendala.

“Mulai pembebasan lahan sampai pengiriman material kayu ulin bola soba itu mengalami kendala namun itu tidak akan membatalkan. Yang ada hanya proses pembangunannya sementara-dihentikan,” kata Andi Islamuddin.

Islamuddin menambahkan kalau untuk lokasi eks bola soba Pemda Bone berencana akan membangun sebuah Monumen.

Jadi nanti di sini akan kita bangun Monumen Bola Soba. Sehingga ada jejak kalau Bola Soba pada tahun sebelumnya memang terbakar di tempat ini,” tambahnya.

Ada pun hasil dari diskusi Tudang Sipulung antara Assitobonengeng bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bone menyepakati pembangunan Bola Soba di lanjutkan di Palakka. Di sisi lain Pemda Bone memberikan kepercayaan Forum Assitobonengeng untuk membangun Bola Subbiq di tempat lokasi yang sama di Palakka. (fan)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button