MetroNews

Hargai Jasa Pahlawan, Kemenag Sulsel Gelar Upacara Tabur Bunga di TMP Panaikang Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para kusuma bangsa, jajaran pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan melaksakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang Makassar, Senin 2 Januari 2023.

Ziarah dan tabur bunga di TMP Panaikang ini adalah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kemenag RI dan telah menjadi tradisi yang rutin di lakukan oleh keluarga besar Kementerian Agama untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah  mendarmabaktikan hidupnya bagi kejayaan dan kemerdekaan Negara.

Baca Juga : Hadirnya Foodpedia Bone Kembangkan Dunia Usaha Tahun 2023

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Khaeroni bertindak selaku pembina upacara tabur bunga yang di mulai tepat pukul 07.30 WITA. Upacara di tandai dengan hening cipta dan hormat kebesaran bagi arwah para pahlawan selama semenit dalam suasana yang khidmat dan di akhiri dengan pembacaan doa.

Selanjutnya, Kakanwil Khaeroni meletakkan karangan bunga di Tugu Pahlawan di lanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di pusara para pahlawan. Kakanwil Khaeroni menabur bunga pertama di ikuti Kepala Bagian Tata Usaha serta para Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel. Turut serta Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Kepala Balai Litbang Keagamaan Makassar, Kepala UPT Asrama Haji Makassar dan jajaran pengurus DWP

“Telah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara untuk menghormati jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah mewakafkan dirinya untuk bangsa ini. Karena Iandil para Pahlawan Indonesia ada,¬† karena Indonesia ada, Kementerian Agama lahir. Olehnya itu melalui ziarah ini kita¬† dapat mengambil hikmah atas dedikasi, pengorbanan dan semangat perjuangan yang telah ditunjukkan para pahlawan kita, sekaligus mendoakan agar mereka mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” ucap Khaeroni di sela kegiatan tabur bunga.

Baca Juga : Gubernur dan Forkompinda Sulsel Laporkan Pelaksnaaan Malam Pergantian Tahun 2022/2023 ke Kapolri dan Panglima TNI

Usai tabur bunga, kegiatan di lanjutkan dengan silaturrahmi tokoh lintas agama yang di laksanakan di kampus Universitas Islam Makassar (UIM) jalan Perintis Kemerdekaan, di lanjutkan anjangsana ke kedua titik lokasi yang di ikuti oleh para pejabat eselon tiga lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, jajaran pengurus dan anggota DWP serta pimpinan majelis agama-agama.

Anjangsana yang di kemas dalam bentuk kunjungan silaturrahim itahun ini juga melibatkan para pimpina majelis agama-agama dan akan di laksanakan selama tiga  hari di beberapa tempat, termasuk ke beberapa rumah ibadah yang ada di Kota Makasar.

Untuk di ketahui bahwa puncak peringatan HAB ke-77 Kemenag RI tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini di tandai dengan upacara bendera pada hari Selasa 3 Januari 2023 di Asrama Haji Makassar, di lanjunjutkan Jalan Sehat Moderasi Beragama (5/1) dan Porseni (5-7/1), serta malam ramah tamah pada tanggal 7 Januari 2023 di Kab. Bantaeng (AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button