MetroNews

Ketua Dekranasda Makassar Dorong Kemandirian Pelaku UMKM Melalui Program Kemitraan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail, secara resmi membuka kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan dan peningkatan daya saing untuk kemandirian pelaku UMKM. Hal ini dalam upaya meningkatkan potensi sektor UMKM di Kota Makassar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui program kemitraan yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan bimbingan bagi para pelaku UMKM agar dapat bersaing secara efektif dalam pasar yang semakin kompetitif.

Bertempat di Baruga Anging Mammiri Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Rabu (26/7/2023), kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pengurus PKK Kota Makassar, Pengurus Dharma Wanita Kota Makassar, Forum Perempuan Indonesia Maju, Forum Kreasi Cipta Cendekia, serta pelaku usaha perwakilan dari 15 kecamatan.

Baca Juga: Monev Bidang PPPA, Indira Yusuf Ismail Dorong Optimalisasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Indira Yusuf Ismail dalam arahannya mengungkapkan pentingnya penguatan UMKM di Kota Makassar. Menurutnya, UMKM memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja. Serta mendorong pendistribusian pendapatan yang lebih merata di masyarakat.

Namun, tantangan yang-dihadapi oleh UMKM seringkali berhubungan dengan manajemen keuangan yang kurang baik dan rendahnya daya saing dalam pasar.

“Dekranasda selalu mau meningkatkan, membina, dan membantu UMKM yang ada supaya bisa bersaing secara global. Makanya Dekranasda selalu ada program pelatihan untuk menuju yang baik bagi semua,” ucap Indira.

Dalam kesempatan ini, Indira juga menekankan pentingnya kreativitas, inovasi, dan keberanian untuk menghadapi tantangan bisnis.

Baca Juga: Indira Yusuf Ismail Buka Wawasan Pengelola PAUD Ciptakan Lingkungan Belajar yang Berkualitas

Selain itu, Ketua TP PKK Kota Makassar ini juga mengajak para pelaku UMKM untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dan tren pasar guna meningkatkan daya saing produk lokal.

“Kita punya banyak produk dan kita mau itu semua laku bukan hanya di event dalam kota, tapi juga di event skala nasional hingga internasional. Saya selalu minta Dekranasda dan PKK agar kemitraan ini di bangun. Kita saling bantu untuk ekonomi kerakyatan, untuk pelaku ekonomi di Makassar,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Makassar dan Dekranasda untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas UMKM.

Melalui program kemitraan ini, para pelaku usaha di harapkan dapat terbantu dalam mengatasi kendala. Dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Makassar.

“Manfaatkan pelatihan ini dengan baik. Ini cikal bakal pengusaha kita. Kita harus semangat, berlomba menjadi pengusaha yang bisa go internasional. Semoga pelatihan ini jadi bekal, dan Insya Allah ke depan menjadi lebih sempurna,” pungkas Indira. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button