NewsSulsel

Menkes Dukung Usulan Gubernur Sulsel Untuk Libatkan Nakes Lokal di RS UPT Vertikal Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mendukung usulan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk melibatkan tenaga kesehatan atau Nakes lokal di RS UPT Vertikal Makassar.

Usulan utuk libatkan Nakes lokal di RS UPT Vertikal Makassar itu, dia sampaikan pada acara ground breaking RS UPT Vertikal Makassar di CPI Makassar, Selasa 31 Januari 2023.

Rumah Sakit ini akan mengarah sebagai pusat pelayanan otak, jantung, dan kanker. Nilai kontraknya Rp1,4 triliun untuk pembangunan fisik rumah sakit. Anggaran itu, berasal dari DIPA Sekretariat Ditjen Yankes TA 2022-2024.

Baca Juga: RS UPT Vertikal Makassar Dibangun di CPI, Anggaran Capai Rp2 Triliun

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa hadirnya rumah sakit ini melibatkan Nakes lokal. Seperti para dokter-dokter dari Sulsel.

“Kita harap melibatkan SDM-SDM dari kami. Dalam perjanjian hibah dan kerjasama, Pemprov telah menegaskan minimal 20% SDM dari nakes Provinsi, dan Alhamdulillah Pak Menteri sangat mendukung,” ujarnya.

Menurutnya, banyak tenaga kesehatan, khususnya dokter spesialis di Sulsel yang mumpuni.

Baca Juga: JK Minta Gubernur Sulsel, Sultra dan Sulteng untuk Ambil Alih Lahan PT Vale

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mendukung usulan itu. “Harusnya 80 atau 90 persen isinya orang asli sini dokternya,” pungkasnya.

Ia pun akan mengoptimalkan dokter dan nakes lainnya dari Sulsel. Termasuk menawarkan beasiswa pendidikan sebelum bekerja di RS tersebut bagi yang memenuhi syarat.

Terlebih, Kementerian Kesehatan, kata dia, setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada tenaga kesehatan.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Siap Tampilkan 100 Lebih Produk Unggulan di Inacraft 2023

“Kita ingin, dokter-dokter terbaik bisa mengisi rumah sakit ini. Hadirnya Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar ini bukan hanya untuk di Makassar, atau di Provinsi Sulawesi Selatan saja. Tapi kita harapkan jadi pusat pelayanan rumah sakit dengan kualitas paling baik untuk Indonesia Timur,” pungkasnya.

Ia pun berharap Pemerintah dan masyarakat Sulsel mendukung percepatan pembangunan, sehingga dapat segera berfungsi bagi masyarakat banyak. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button