NewsSulsel

Program Prioritas Gubernur Andalan, Pemprov Sulsel Telah Salurkan 144 Ton Benih Padi di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menghadirkan program dalam mendongkrak peningkatan sektor pertanian. Salah satunya dengan hadirnya Mandiri Benih di Bulukumba. Ini merupakan, program prioritas Gubernur Andalan, panggilan Andi Sudirman Sulaiman.

Program prioritas Gubernur Andalan ini pun telah tersalurkan kepada sejumlah petani di Kabupaten Bulukumba.

Sekedar informasi, Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Program itu, merupakan inisiasi Gubernur Sulsel. Untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul.

Baca Juga: Bulukumba Sasaran Pemprov Sulsel Bangun Teknologi Arsinum

Benih yang-dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran-dilakukan di Sulsel oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel. Instansi itu, bekerja sama dengan para petani penangkar.

Pada tahun 2022, Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHBUN) telah menyalurkan bantuan mandiri benih padi sebanyak 144,1 ton benih padi yang telah ditanam di lahan pertanian seluas 5.764 hektar.

“Alhamdulillah, kita telah salurkan bantuan program mandiri benih padi sebanyak 144,1 ton benih kepada petani di Bulukumba. Kini juga telah membuahkan hasil, yang berdampak pada peningkatan hasil pertanian masyarakat,” jelas Gubernur Andi Sudirman.

Baca Juga: Gubernur Hadiri Puncak Acara 63 Tahun Bulukumba, Bupati: Dukungan Pemprov Sangat Penting

Untuk tahun 2023, bakal kembali di salurkan bantuan benih padi kepada petani di Bulukumba. “Tahun ini, insya Allah akan kembali di salurkan bantuan mandiri benih padi sebanyak 100 ton untuk di tanam pada lahan pertanian seluas 4 ribu hektare,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Bulukumba, Muh. Nurjasman, mengaku, bahwa bantuan Mandiri Benih padi sangat membantu petani.

“Hasilnya, alhamdulillah, produksi petani yang sebelumnya hanya 5 ton (per hektar) bisa meningkat dengan adanya bantuan benih ini hingga 5,5 ton bahkan ada yang sampai 7 ton. Dengan bantuan ini kami berharap bisa berkelanjutan. Serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Sulawesi Selatan dalam hal ini Gubernur Sulawesi Selatan, bapak Andi Sudirman Sulaiman, yang telah memberikan bantuan benih kepada petani Bulukumba melalui kegiatan Program Mandiri Benih TA 2022,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button