NewsSulsel

17 Tahun Kota Belopa, Gubernur Andi Sudirman: Pemprov Sudah Kucurkan Bantuan Untuk LuwuRp400 Miliar

LUWU, NEWSURBAN.ID — Memperingati 17 Tahun Kota Belopa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menegaskan komitmen untuk terus mendorong pembangunan di Kabupaten Luwu. Bahkan, Pemprov Sulsel telah mengucurkan bantuan keuangan sekira Rp400 miliar, kurun waktu lima tahun terakhir.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan hal itu, pada peringatan 17 Tahun Belopa sebagai Ibukota Kab. Luwu di Lapangan Andi Djemma, Kabupaten Luwu, Kamis (16/2/2023).

“Pemprov Sulsel telah kucurkan Rp400 miliar dana untuk Luwu. Itu artinya keseriusan kita untuk membangun Luwu, ini adalah betul-betul untuk kemudian menjadikan sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi. Termasuk untuk pemerataan pembangunan yang berkeadilan,” ujar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman.

Baca Juga: 50 Tahun PPP, Andi Sudirman Jalan Sehat Bersama Mardiono dan Sandiaga Uno di Malino

Infrastruktur yang memadai dihadirkan secara bertahap. Hal itu sejalan dengan komitmen Gubernur Andi Sudirman untuk menghadirkan pembangunan yang berkeadilan.

Di antaranya pada tahun 2022, Pemprov Sulsel telah melakukan pembangunan jalan ruas Rantepao -Sa’dan – Batusitanduk sepanjang 5,4 km dengan alokasi Rp 35 miliar, dan pembangunan jembatan Sungai Ilan Batu di ruas Rantepao – Batusitanduk dengan alokasi Rp 7,2 miliar.

Untuk ditahun ini, akan melaksanakan pembangunan jalan ruas Bua – Batas Kabupaten Toraja Utara di Kabupaten Luwu sepanjang 2,2 km dengan alokasi Rp 15 miliar dan rekonstruksi jalan untuk lanjutan ruas Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk sepanjang 3 km dengan alokasi Rp 15 miliar. Serta akan dilakukan rehabilitasi dan daerah irigasi Makawa, dan rehabilitasi daerah irigasi Lengkong Pini.

Baca Juga: Andi Sudirman Beri Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel Rp25,5 Miliar ke Luwu

Mendorong pembangunan di daerah menjadi fokus pria dengan sapaan Gubernur Andi Sudirman. Ia mendukung pembangunan di daerah Bumi Sawerigading. Karena itu, Gubernur Sulsel mensupport dengan menggelontorkan bantuan keuangan Pemprov Sulsel.

Adapun bantuan keuangan Provinsi TA 2022 sebesar Rp17 miliar untuk pengaspalan jalan ruas Bonglo-Pantilang. Serta pembangunan jembatan Ponringan, dan rehab asrama IPMIL Luwu di Makassar.

Baca Juga: 77 Tahun Hari HPRL, Gubernur Sulsel: Kita Telah Alokasikan Rp 818 Miliar di Luwu Raya

“Alhamdulillah, bantuan keuangan TA 2022 telah-direalisasikan dan-dituntaskan oleh Pemkab, baik untuk ruas Bonglo-Pantilang, pembangunan jembatan poringan. Dan rehab asrama IPMIL Luwu di Makassar. Tahun 2023 ini, kembali kita alokasikan bantuan keuangan Rp 25,5 Miliar,” ungkapnya.

Bantuan keuangan itu untuk pengerjaan jalan lanjutan Luwu Pantilang-Rantepao dan Subsidi Trans Andalan Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button