NewsSulsel

TP PKK Bulukumba Raih Juara I Festival Pangan B2SA Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Tim Penggerak PKK atau TP PKK Bulukumba raih juara I Festival Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan itu, di buka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Ia di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Oktarina, di Gedung Baruga Karaeng Pattingaloang, Makassar, Selasa 25 Juli 2023.

Festival B2SA ini diikuti oleh TP PKK Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan, termasuk TP PKK Kabupaten Bulukumba yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar.

Pada ajang ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba berhasil meraih Juara I Festival B2SA untuk Kategori Menu Kudapan.

Di Festival B2SA ini, TP PKK Bulukumba menyajikan menu kudapan Doko-doko Tepung Ganyong dengan menu utama Nasi Sorgum dan Pampis Tongkol Asap.

Baca Juga: Tim SMEP TP-PKK Sulsel Evaluasi PKK Kabupaten Bulukumba

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba, Andi Herfida Muchtar mengucapkan terima kasih atas kerja keras TP PKK Bulukumba yang melakukan inovasi dari pangan lokal.

Pada festival ini, peserta tidak hanya menyajikan menu B2SA, tapi juga mendemonstrasikan cara mengolah menu yang disajikan melalui live cooking di Baruga Karaeng Pattingaloang.

Andi Herfida Muchtar menuturkan, untuk menu B2SA, Kabupaten Bulukumba sengaja menyuguhkan olahan dari bahan lokal berupa sorgum dan ganyong.

“Kabupaten Bulukumba ikut serta pada Festival Pangan B2SA, di mana kami menyuguhkan nasi sorgum sebagai menu utama karena sorgum adalah pangan lokal yang ada di Bulukumba dengan kandungan gizi yang sangat baik. Tidak hanya karbohidrat tapi juga kaya protein,” ujar Andi Herfida yang didampingi pengurus TP PKK Bulukumba.

Baca Juga: Usai Jalan Santai 1 Muharram, Ketua PKK Bulukumba Kunjungi Rumah Gizi Desa Polewali

Sorgum sendiri sedang di kembangkan di Kabupaten Bulukumba dan saat ini-dinilai berhasil karena cocok dengan kondisi daerah tropis.

Saat penjurian, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memuji inovasi TP PKK Bulukumba. Andi Sudirman yang-didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina bahkan mencicipi menu Sorgum. Dan beberapa menu yang di sajikan TP PKK Bulukumba di Festival B2SA ini.

Pada Festival Pangan B2SA, ada empat kategori lomba, yakni menu B2SA, menu kudapan, menu olahan kering dan menu olahan basah.

Lebih lanjut Andi Herfida menerangkan keikutsertaan PKK Bulukumba dalam Festival B2SA untuk memberikan contoh gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Gizi yang seimbang dan berkecukupan yang dapat di tiru nantinya oleh TP PKK desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Bupati Bulukumba Launching Rumah Gizi di Desa Polewali Gantarang

“Kita beri contoh seperti apa menu yang memenuhi gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Tidak hanya bergizi tapi juga seimbang dan berkecukupan yang dapat di tiru nantinya oleh TP PKK desa/kelurahan,” tuturnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina menyampaikan, Festival B2SA Pangan Lokal merupakan salah satu ajang promosi. Dan termasuk pengembangan dalam rangka mendukung konsumsi pangan B2SA bagi masyarakat untuk-diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Melalui Festival Pangan B2SA, kita berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat dalam prinsip B2SA dalam memanfaatkan bahan-bahan lokal. Mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan bahan lokal yang tersedia,” pungkasnya.

Naoemi berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memaksimalkan bahan pangan lokal untuk pemenuhan gizi B2SA bagi masyarakat.

Pada momentum ini, TP PKK Bulukumba tidak hanya membawa pulang trophy Juara I untuk Menu Kudapan. Tapi juga mendapatkan sepeda yang di berikan Gubernur Sulsel sebagai hadiah tambahan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button