NewsSulteng

Pemkot Palu Gelar Kirab Piala Adipura 2023 Keliling Kota

PALU, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota (Pemkot Palu) Palu gelar kirab atau pawai Piala Adipura 2023 keliling kota, pada Sabtu, 09 Maret 2024.

Rombongan Pemkot Palu yang ikut dalam gelar kirab piala Adipura 2023 keliling kota star dari Bundaran Taman Nasional menuju Tugu Nol Kilometer, Jalan Sudirman, Jalan Tombolotutu, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Trans Sulawesi, hingga Tawaeli.

Kemudian dari Flayover Pantoloan putar balik menuju Jalan RE Martadinata, Jalan Yos Sudarso, Jalan Raden Saleh, Jalan Kimaja, Jalan Diponegoro, hingga Jalan Trans Donggala – Watusampu.

Baca Juga: Seluruh Fraksi DPRD Setujui Lima Ranperda Kota Palu

Setelah sampai di perbatasan antara Kota Palu dan Kabupaten Donggala, rombongan pawai putar balik menuju Jl. Munif Rahman, Jalan Gawalise, Jalan Pue Bongo, Jalan Sis Aljufri, hingga finish di Kantor Wali Kota Palu.

Hadir langsung dalam kesempatan ini yakni Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE dan Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes.

Selain itu, hadir Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM, para kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu, hingga ribuan anggota Padat Karya yang merupakan pejuang Adipura.

Baca Juga: Asisten Pemerintahan dan Kesra Wakili Wali Kota Hadiri Rapat Paripurna DPRD Palu

Piala Adipura kategori Kota Sedang sendiri, merupakan pencapaian pertama kalinya bagi Kota Palu setelah beberapa periode pemerintahan.

Di era Wali Kota Hadianto Rasyid bersama Wakil Wali Kota Reny A. Lamadjido, Adipura berhasil diraih atas usaha-usaha yang telah dilakukan.

Wali Kota menyebut, penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI bukanlah penghargaan kepada wali kota seorang, melainkan untuk semua masyarakat Kota Palu.

Baca Juga: BPS Sebut Kepemimpinan Hadianto-Reny Pembangunan Kota Palu Menunjukkan Tren Positif

“Ini piala untuk masyarakat Kota Palu yang sudah memberi andil dalam menjaga dan membersihkan Kota Palu,” kata wali kota.

Wali kota mengungkapkan, dari sekian banyak pencapaian prestasi yang-diterima oleh Pemerintah Kota Palu, Adipura-lah yang membuatkan meneteskan air mata.

“Ketika saya mendengar pertama mendapatkan Piala Adipura, dari sekian banyak pencapaian prestasi yang kita dapatkan di Kota Palu. Adipura yang membuat saya menetaskan air mata,” ungkap wali kota.

Baca Juga: Wali Kota Palu Terima Langsung Tropi Penghargaan Adipura 2023/2024

Meskipun beberapa tahun lalu Kota Palu sempat masuk sebagai salah satu kota terkotor dan terjorok di Indonesia. Tetapi atas usaha bersama masyarakat, merubahnya menjadi bersih dan meraih Adipura.

Olehnya, Wali Kota Hadianto berpesan kepada masyarakat, agar semangatnya tidak kendor setelah meraih Adipura pertama kalinya ini.

“Apa yang kita dapatkan saat ini, bisa kita pertahankan dan berkomitmen untuk meningkatkannya. InsyaAllah Kota Palu juga akan bisa,” tambah wali kota. (ysw/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button