MetroNews
Trending

KNPI dan Dispora Cari Solusi Cegah Perang Kelompok di Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — KNPI bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar berupaya mencari solusi mengatasi perang kelompok di Kota Makassar. Selain korbannya terus bertambah, juga berimplikasi negatif pada imej Kota Makassar.

Teranyar, perang kelompok di Jl. Karuwisi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menelan korban jiwa satu orang. Tawuran antarkelompok tersebut, terjadi pada Jumat, 28 Januari 2022. Dua kelompok yang terlibat yakni pemuda Karuwisi Kecamatan Panakkukang dengan kelompok pemuda Maccini Parang, Kecamatan Makassar.

Dari rangkaian kejadian tersebut, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar berinisiatif berembuk mencari solusi.

Baca Juga: Buka Festival Olahraga Rekreasi Kota Makassar, Walikota Danny: Solusi Redam Perang Kelompok

Dua institusi itu melakukan pertemuan pada Selasa, 1 Februari 2022. Hadir pada pertemuan itu, jajaran pengurus Ketua KNPI Makassar di bawah kepemimpinan Hasrul Kaharuddin (Bung Arul).

Hasrul Kaharuddin mengatakan, pertemuan ini merupakan silaturahmi pengurus dengan Dispora. Sekaligus, menyambut kedatangan Ketua KNPI Balikpapan periode 2021-2024, Andre Afrizal yang juga hadir dalam pertemuan ini.

“Bahwa akhir-akhir ini kerap terjadi perang kelompok yang mesti kita pikirkan bersama. Bagaimana kita bisa menyelesaikan persoalan pemuda di akar rumput,” ungkapnya di tengah-tengah pertemuan di Rumah Kopi Topaz, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

Baca Juga: Kujungi Rappocini, Indira Jusuf Beberkan 5.000 Lorong Wisata Program Pemkot Makassar

Salah seorang pengurus menjelaskan, untuk menncegah pertikaian, perlu pemetaan wilayah yang sering terjadi perang kelompok.

“Kita perlu juga mengecek klaster yang sering terlibat perang ini di usia berapa, dan apa motif yang sering memicu konflik,” tuturnya.

Lalu Bung Arul menambahkan, untuk mencegah perang kelompok butuh terobosan-terobosan untuk menggaet pemuda. Salah satunya, dengan menyibukkan pemuda dalam hal-hal positif, misalnya dalam bentuk dalam kegiatan-kegiatan ekonomi.

Baca Juga: Bangun Citra Makassar, Wali Kota-Kapolrestabes Sepakat Bina Anak Muda ‘Batalyon 201’

Sementara itu, Kadispora Kota Makassar, Andi Pattiware mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjalin sinergitas yang kuat dengan pemuda.

“Kita akan memikirkan bersama bagaimana menciptakan keharmonisan hubungan antar-pemuda di Makassar. Dan ini merupakan arahan Pak Wali Kota Makassar (Moh Ramdhan Pomanto). Kita coba mencari benang merah dari persoalan kepemudaan kita ini,” tuturnya. (cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button