MetroNews
Trending

Waspada Lonjakan Penyebaran Virus Covid-19 Varian Omicron, Personel Lantamal VI Swab Massal

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI Makassar mengelar swab massal bagi seluruh personel Mako Lantamal VI untuk mencegah lonjakan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) David Langgeng, M.T. mengatakan kegiatan pemeriksaan Swab Antigen massal secara periodik bagi seluruh personel Mako Lantamal VI sangat-diperlukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19, varian Omicron.

“Diskes Lantamal VI saat ini melaksanakan pemeriksaan Swab Antigen massal secara periodik setidaknya 2 minggu sekali. Untuk mewaspadai penyebaran Virus Covid-19 varian Omicron di wilayah kerja Mako Lantamal VI. Mengingat varian omicron peningkatan transmisinya lebih cepat-dibandingkan varian delta,” ujar Kadiskes Lantamal VI.

Baca Juga: Menjaga Kesiapan Tempur, Personel Lantamal VI Wajib Olahraga Rutin

Sepanjang tahun 2022 ini, Diskes Lantamal VI sudah melaksanakan beberapa kali test swab Antigen massal kepada seluruh personel Lantamal VI Makassar. Mengingat Indonesia sudah memasuki gelombang ke-3 Covid-19. Belajar dari trend penyebaran Covid-19 di Kota-Kota besar sebelumnya, di awali dari Jakarta kemudian Surabaya. Selanjutnya Makassar dan-diikuti daerah-derah sangat berpotensi terjadi lonjakan.

Terkait dengan kewaspadaan terhadap Omicron, Lantamal VI telah menyiapkan tenaga kesehatan dan telah menyiagakan unit kendaraan Faslab Mobile PCR TNI AL. Yang dapat-dimanfaatkan oleh personel Lantamal VI maupun masyarakat umum. Dan, menyiapkan Mess Nala sebagai tempat Isolasi Mandiri bagi yang tidak bergejala/bergejala ringan. Dan, Rumkital Jala Ammari di peruntukkan bagi yang bergejala sedang dan berat. Serta, termonitor oleh Satgas Covid-19 Lantamal VI, pungkasnya.

Baca Juga: Genjot Vaksinasi Anak, Lantamal VI Sasar Siswa Sekolah Dasar

Pelaksanaan Swab Massal yang di laksanakan Lantamal VI adalah untuk menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono. Dalam mendukung program pemerintah yang di canangkan sejak 12 Januari 2022 lalu. Sebagai usaha untuk mendeteksi dini sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 terutama varian baru yaitu Omicron di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di jajaran Lantamal VI. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button