MetroNewsNusantaraSulsel
Trending

Komitmen Kurangi Introduksi Limbah, Pemprov Sulsel Teken MoU dengan PDU

# Spesial Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID ‚ÄĒ Dalam rangka momentum perayaan hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melakukan Memorandum Of Understanding ( MoU) dengan Pelaku Dunia Usaha (PDU) di lingkup Provinsi Sulsel. Pemprov Sulsel dan pelaku usaha komitmen kurangi introduksi limbah.

Dalam sambutan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang-diwakili Sekertaris Daerah (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat menyampaikan, –sebagai bentuk komitmen pemerintah dan dunia usaha untuk mengurangi Introduksi terhadap limbah lingkungan.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Pengolahan Limbah B3 Milik Pemprov Sulsel, Luhut Takjub Bilang Keren!

Maka pada hari ini kita akan melakukan penandatanganan MoU antara Pemprov Sulsel dengan pelaku dunia usaha. Dalam pemanfaatan limbah dari sektor produksi,” kata Abdul Hayat, di pelataran Center Points Of Indonesia (CPI) Makassar, Senin 13 Juni 2022.

MoU tersebut tentunya ada pemanfaatan nickle slag dari smelter dan pemanfaatan fly ash and bottom ash (Faba) yang berada di dalam industri semen.

Baca Juga: Incinerator Sulsel Layani 281 Fasyankes di 15 Provinsi

Lebih lanjut Abdul Hayat menyampaikan himbauan kepada seluruh jajaran pemerintah provinsi Sulsel dan kabupaten kota se-Sulsel.  Agar dalam penyusunan program atau kegiatan tidak menyebabkan kerusakan alam semesta.

“Saya menghimbau agar dalam menyusun program atau kegiatan penganggaran kiranya tidak menyebabkan terjadinya kerusakan sumber daya alam dan lingkungan hidup,” jelas Mantan Direktur Kemensos RI itu.

Baca Juga: Gubernur Dukung Universitas Nottingham Inggris Penelitian Energi Terbarukan dan Stunting di Sulsel

Yang paling penting bagaimana mengurangi polusi udara akibat penggunaan bahan bakar fosil; pengunaan pupuk dan pestisida berlebihan dan erosi tanah.

“Belum lagi pengunaan sampah plastik telah mengakibatkan terjadinya pencemaran perairan, baik darat maupun pesisir dan laut,” ungkapnya.

Baca Juga: Buka Musda Dekranasda Sulsel, Andi Sudirman Galakkan Pengunaan Produk Dalam Negeri

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut Sekprov Sulsel, Abdul Hayat serahkan penghargaan Kalpataru tahun 2022, –khusus untuk kategori pembina lingkungan hidup kepada Pendeta Rasely Sinampe dari Toraja Utara.

Dan ia juga menyerahkan ribuan bibit dari Pemprov Sulsel kepada representasi daerah kepada Sekertaris Kota Makassar, Muh. Ansar dan melakukan penanaman bibit di depan taman BPJS Ketenagakerjaan CPI Makassar.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman dan Anthony Albanese Bahas Peluang Kerja Sama Sulsel dan Australia

“Selamat kepada bapak pendeta Rasely Sinampe atas penghargaaannya. Semoga bumi kita tercinta ini bisa baik-baik,” tutup Abdul Hayat kepada awak media. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button