MetroNews

Abdul Rauf: PMI Mitra Pemerintah Dalam Penanganan Bencana

GOWA, NEWSURBAN.IDWakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa kembali melantik Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Parigi di Lapangan Desa Majannang dan Kecamatan Parangloe di Halaman Sekolah SMP Negeri 1 Parangloe, Senin (24/10).

Abdul Rauf dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan kali ini di lakukan secara langsung mengunjungi kecamatannya masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar pengurus PMI kecamatan bisa menjaga kebersamaan dan kekompakan. Dalam mengembang tugas dan fungsi sebagai pengurus PMI kecamatan.

Selain itu ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu pelantikan ini kita laksanakan di kecamatan masing-masing agar kita bisa lebih akrab dan saling mengenal satu sama lain.

Baca Juga : Bandel Gak Zaman, Bupati Andi Utta Minta Generasi Muda Perkuat Skill

“Jadi kita bisa lebih dekat dan bersinergi antara PMI, pemerintah dan seluruh komponen kecamatan masing-masing,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kegiatan pelantikan ini di laksanakan, terlebih dahulu melakukan rapat koordinasi dengan seluruh calon pengurus PMI kecamatan.

“Kami melakukan wawancara langsung apakah yang bersangkutan betul-betul mau menjadi pengurus atau hanya sekedar terdaftar sebagai pengurus saja. Semua mengatakan siap sehingga kami tidak ragu dan percaya bahwa seluruh pengurus PMI nantinya akan bekerjasama dalam memajukan PMI di wilayahnya,” kata Kr. Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Di kesempatan ini pula, Ia menjelaskan bahwa PMI adalah salah satu aset yang perlu di jaga dan di kelola dengan cara profesional.

Organisasi PMI dalam kiprahnya telah di dukung oleh UUD Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan yang memiliki tujuh prinsip dasar.

“PMI adalah mitra strategis pemerintah, oleh karena itu PMI kecamatan. Harus membangun kemitraan yang baik dengan pemerintah kecamatan, desa dan keluruhan termasuk dengan lembaga lainnya. Bersama pemerintah PMI di tuntut berada di garis terdepan di bidang kemanusiaan, penanganan bencanaan pengelolaan darah, dan ikut serta dalam menangani tugas kemanusiaan lainnya,” jelasnya.

Sementara Ketua PMI Kecamatan Parigi, Sirajuddin Salle mengatakan bahwa pihaknya selaku pengurus PMI Kecamatan Parigi siap untuk menerima amanat dari Pengurus PMI Kabupaten Gowa.

“Kami akan terus melalukan koordinasi dengan pihak terkait dan siap untuk bekerja. Memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana baik itu bencana alam maupun bencana konflik lainnya,” ujarnya.

Baca Juga : Kenakan Ikat Kepala Passapu, Gubernur bersama Masyarakat Jeneponto Jalan Sehat Anti Mager

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kapasitas para pengurus PMI Kecamatan Parigi kamj akan membuat program pelatihan-pelatihan yang terkait masalah PMI.

“Insya Allah kedepannya kami PMI Kecamatan Parigi siap melaksanakan simulasi tentang penanganan bantuan-bantuan. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di wilayah kami, PMI kecamatan sudah sigap untuk menangani hal tersebut,” tambahnya.

Pelantikan pengurus PMI di dua kecamatan ini turut di hadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Selaku Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Gowa, Kamsina, Anggota DPRD Kabupaten Gowa, Camat bersama jajarannya, Kepala Desa dan Lurah, Pengurus PMI Kabipaten Gowa dan tokoh masyarakat.(#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button