MetroNewsTekno

Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Kabupaten Gowa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, namun secara terus menerus untuk mengimbangi peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Kabupaten Gowa sendiri merupakan salah satu area yang sangat dinamis, di mana dalam dua tahun terakhir trafik data naik hingga 226%.

Makassar, 13 Desember 2022. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk di area-area wisata. Setiap tahun, masyarakat Sulawesi Selatan memanfaatkan masa panjang libur Natal dan pergantian tahun dengan berwisata ke berbagai daerah di provinsi tersebut, termasuk di Kabupaten Gowa. Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. Di Kabupaten Gowa, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 121 desa dan 46 kelurahan di 15 kecamatan termasuk kawasan wisata Malino.

Baca Juga : Wawali Fatmawati Rusdi Ajak BKMM-DMI Kota Makassar Bersinergi dengan Pemerintah

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, ”Pada dasarnya, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, namun kami memang secara terus menerus akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Sulawesi Selatan seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data. Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di Sulawesi Selatan juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata diIndonesiaAja (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah”

Hingga saat ini, di wilayah Kabupaten Gowa, jaringan XL Axiata didukung oleh sekitar 110 BTS 4G. Kabupaten Gowa sendiri merupakan salah satu area yang sangat dinamis, di mana dalam dua tahun terakhir trafik data naik hingga 226% dengan jumlah pelanggan mencapai sekitar 100 ribu. Sejumlah tempat wisata popular ada di Kabupaten Gowa, salah satunya adalah Malinau. Sedangkan di Sulawesi Selatan, antara lain ada Pantai Bira, Pantai Bara, dan Toraja, kualitas jaringan XL Axiata telah menjangkau objek wisata di area tersebut, sehingga pelanggan bisa berselancar di dunia maya untuk menikmati upload foto-foto terbaik selama berada di sana.

Baca Juga : 119 Pejabat Fungsional Pemkab Gowa Ikut Bimtek Penyetaraan Jabatan

Dodik melanjutkan, peningkatan kualitas jaringan data di Sulawesi Selatan secara umum memang menjadi keharusan demi mendukung gencarnya digitalisasi di berbagai sektor di provinsi tersebut, termasuk Gowa. Di sisi lain, penyediaan jaringan 4G di provinsi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital mereka agar mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang, baik sosial maupun bisnis dan pemerintahan. Literasi digital yang cukup akan memungkinkan mereka untuk mampu mengakses dan memanfaatkan layanan digital yang tersedia.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, trafik data tumbuh sebesar 165% dalam dua tahun terakhir ini. Total pelanggan mencapai lebih dari 1,2 juta, yang di layani dengan lebih dari 4.800 BTS termasuk sekitar 3.000 BTS 4G. Hal ini menunjukkan jaringan 4G di sana di manfaatkan secara maksimal oleh warga setempat. Untuk itu, XL Axiata terus melakukan penambahan BTS 4G hingga sebanyak 413 unit dalam dua tahun terakhir. Selain Gowa, area dengan trafik tertinggi adalah Kota Makassar, Kabupaten Bone, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga : Pelaku Curat Lintas Kabupaten Diungkap Polres Gowa, Libatkan Satu Keluarga

Secara bisnis, menurut Dodik, dengan jumlah penduduk lebih dari 9 juta jiwa saat ini, Sulawesi Selatan cukup potensial sebagai pasar bagi produk layanan XL Axiata, baik untuk layanan perorangan maupun UMKM. Menurut data Survey Sosial Ekonomi Nasional, Maret 2020, 85,3% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan telepon seluler. Selanjutnya, 49,59% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan telepon seluler. Serta 14,87% penduduk berusia 5 tahun ke atas telah menggunakan komputer. Sementara itu untuk UMKM, menurut Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan. Hingga akhir Desember 2021 ada lebih dari 1,5 juta UMKM, dengan 120 ribu di antaranya telah melakukan digitalisasi (https://www.detik.com).

“Agar dapat merebut pasar, tentu XL Axiata harus yang memastikan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Sulawesi Selatan. Kami sadar, saat ini hanya kualitas layanan yang akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik bagi masyarakat luas. Karena layanan yang berkualitas akan bisa memberikan manfaat untuk menunjang aktivitas produktif. Untuk itulah kami akan terus membangun jaringan data, baik untuk ekspansi maupun untuk meningkatkan kualitas sinyal,” lanjut Dodik.

Promo khusus produk XL Axiata di Sulawesi Selatan

Saat ini tersedia promo produk yang bisa di manfaatkan oleh pelanggan dan masyarakat di Gowa dan Sulawesi Selatan. Secara umum untuk mengakses layanan data di jaringan 4G, yaitu Paket Xtra Combo Flex dengan harga yang sangat terjangkau. Manfaat yang di tawarkan oleh produk ini adalah pelanggan mendapat kuota mulai dari 3GB hingga 55GB.

Selain itu, saat ini pelanggan sudah bisa memilih nomor XL prabayar sesuai dengan keinginan di web yang sudah di sediakan oleh XL Axiata yaitu https://pilih.xl.co.id/ . Pelanggan hanya perlu membeli kartu perdana XL di toko retail terdekat dan pastikan untuk tidak melakukan registrasi nomor nya terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah mudah untuk memilih nomor XL via web https://pilih.xl.co.id/ :
1. Pilih nomor sesuai keinginan
2. Masukkan nomor XL yang sudah di beli
3. Registrasi nomor baru
4. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya

Untuk memastikan masyarakat dan pelanggan mudah mendapatkan produk XL Axiata, baik XL maupun AXIS. Saat ini di Sulawesi Selatan ada sekitar lebih dari 4200 toko pulsa yang menyediakan produk XL Axiata. Toko-toko tersebut tersebar hingga ke wilayah kecamatan dan desa-desa yang sudah terjangkau layanan XL Axiata. Melalui toko-toko jaringan distribusi tersebut. Pelanggan juga bisa mendapatkan informasi dan juga menyampaikan keluhan. Di mana selanjutnya pengelola toko akan meneruskannya ke layanan pelanggan XL Axiata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button