MetroNews

Seminar Nasional Refleksi 27 Tahun Otonomi Daerah Dihadiri 500 Peserta

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) di Makassar dimulai dengan rangkaian acara Seminar Nasional Refleksi 27 Tahun Otda Dalam Rangka Mewujudkan Otonomi Daerah Maju Indonesia Unggul.

Rencananya ratusan peserta akan hadir. Seminar akan mulai pukul 13.30 WITA hingga menjelang buka puasa di Hotel Four Points pada 13 April mendatang.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Makassar Aswin Kartapati Harun mengatakan seminar akan membahas banyak isu penting.

Seperti, apa saja kendala OTDA selama ini, manfaatnya, dan apa yang perlu perbaikan kedepannya. Serta isu menarik lainnya.

Baca Juga: Makassar Siap Sambut 600 Kepala Daerah Pada Peringatan Hari OTDA

“Intinya tujuan otonomi daerah ialah mensejahterakan masyarakat, itu yang akan jadi bahasan. Dan itu menjadi tujuan utamanya,” kata Aswin, Selasa, (11/04/2023).

Sejauh ini, jelas dia, persiapan acara seminar nasional refleksi 27 tahun otonomi daerah sudah matang. Undangan para peserta luring juga sudah di sebarkan.

Aswin menuturkan acara akan berlangsung secara hybrid atau ada yang bergabung secara daring. Dan ada pula bergabung langsung secara luring.

Para peserta yang terlibat secara luring ialah kepala SKPD, Lurah, BUMD, BUMN, dan stakeholder terkait. Tercatat peserta luring berjumlah sekira 500-an orang.

Sementara peserta daring penyelenggara siapkan sekitar 1.000 kapasitas untuk virtual zoomnya.

Baca Juga: Kemendagri Tunjuk Makassar Tuan Rumah Hari Otda XXVII

Jumlah itu terdiri atas seluruh unsur pejabat di seluruh Indonesia, seperti Kepala Biro Pemerintahan; Kepala Litbang, Kabag Pemerintahan; Asosiasi Pemerintah Kota dan Kabupaten.

Selain itu, dalam seminar juga akan menghadirkan tujuh narasumber berlevel nasional. Seperti Sekjen Kemendagri, Dirjen OTDA sekaligus PJ. Gubernur Sulbar, Ketua Asosiasi Wali Kota, Ketua Asosiasi Bupati. Dan ada, jadwal Gubernur Jawa Tengah, Guru Besar Fisipol Unhas, Ketua DPRD Kabupaten.

Juga Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto sebagai tuan rumah. Puncaknya, peringatan OTDA digelar pada 29 April.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi meminta kepada seluruh OPD. Untuk mempersiapkan secara matang dalam menyambut agenda nasional ini.

“Acaranya sudah dekat. Kita siapkan hal-hal teknis. Cek semua kesiapannya. Ini tamu banyak mau datang. Tunjukkan kesiapan dan tolong jangan berhenti untuk cek ulang dan berulang,” kata Fatmawati di sela-sela rapat di Balaikota, kemarin.

Rangkaian acara peringatan Hari OTDA akan-ditutup dengan Pameran Inovasi atau Malam Apresiasi Kinerja Pemda yang mana akan ada tiga gubernur. Juga 10 wali kota dan 10 bupati yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button