NewsSulsel

Kunjungi Bulukumba, Rektor Unhas Puji Bupati Andi Utta

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof Jamaluddin Jompa bersama beberapa petinggi kampus bersilaturahmi dengan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf. Tidak hanya Rektor yang berkunjung, Ketua Majelis Wali Amanat Unhas Prof Andi Alimuddin Unde dan beberapa anggota majelis juga ikut hadir. Dalam kunjungan itu, Rektor Unhas puji Bupati Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

Silaturahmi ini untuk memperkuat kerjasama Unhas dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba di sektor pengembangan pertanian, wisata ekonomi kreatif berbasis inovasi teknologi industri di Kabupaten Bulukumba.

Di momen ini, Jamaluddin Jompa melempar puja-puji untuk Bupati Muchtar Ali Yusuf. Ia mengaku, jarang ada Bupati yang punya lompatan pemikiran seperti Bupati Bulukumba.

Baca Juga: IKA Unhas Bulukumba Jamu Rektor Unhas di Tanjung Bira

“Jarang ada Bupati yang tahu substansi, juga tahu solusi,” kata Jamaluddin Jompa di pendopo rumah jabatan Bupati Bulukumba, Kamis, 6 Juli 2023.

“Kita dapat ceramah dari pak Bupati, point yang disampaikan Pak Bupati tadi, saya catat. Ini harus diaktualisasikan,” Prof JJ, Rektor Unhas puji Bupati Andi Utta.

Ia melontarkan pernyataan begitu, seusai Bupati yang akrab disapa Andi Utta memetakan potensi-potensi daerah, serta menguraikan solusi untuk mengangkat ekonomi masyarakat.

“Bupati seperti inilah yang kita butuhkan untuk memajukan ekonomi masyarakat berbasis teknologi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Prof Jamaluddin mengingat romantisme masa kecilnya di kabupaten berjuluk Bumi Panritalopi. Sehingga baginya, mengunjungi Bulukumba adalah pulang ke kampung halaman.

“Saya berbahagia bisa hadir di tanah tempat masa kecil. Terlalu romantis kalau saya cerita Bulukumba. Di Bulukumba saya mulai mengenal dunia, khususnya di Sampeang,” kata Jamaluddin Jompa.

Baca Juga: Libur Idul Adha di Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Karcis Capai 17.380

“Saya memiliki ikatan emosional bahwa kita ingin bangun Bulukumba lebih baik,” tambahnya.

Terkait program pertanian dari Pemda Bulukumba, pihaknya menawarkan varietas bibit unggul jagung dari Unhas yang beri nama benih Jagung Jago. Benih ini di klaim Rektor sebagai benih terbaik di dunia. Pihak Kementerian Pertanian juga sudah mengakui keunggulannya.

Dalam sambutannya, Bupati Andi Utta l menyampaikan selamat datang kepada Rektor Unhas beserta rombongan di Kabupaten Bulukumba. Ia pun menyambut baik rencana kerja sama tersebut.

“Unhas sebagai pintu gerbang pendidikan tinggi di Indonesia Timur, di harap menjadi jembatan untuk memikirkan solusi dari permasalahan daerah, dan Sulawesi Selatan pada umumnya,” ujarnya.

Dia mengatakan perguruan tinggi sekelas Unhas, dia harapkan memberikan konstribusi bagi daerah. Pihak kampus tidak hanya harus berteori terus, tapi saatnya civitas akademik harus turun melihat dan merasakan langsung kondisi daerah, dan dinamika perkembangan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Jajaki Peluang Ekspor Tuna, Andi Utta Hadiri Presentasi Teknologi Terbaru Alat Pendingin Ikan di Jepang

Apa yang salah? kata Andi Utta, mengapa sektor pertanian dan kelautan kita di Sulawesi Selatan dan Indonesia pada umumnya masih begini terus. Jauh tertinggal dengan negara Asia lainnya seperti Jepang dan Korea, baik dari sisi penerapan teknologi maupun kualitas produksi.

Menurutnya, sebagai daerah maritim dan agraris, seharusnya daerah kita menjadi penopang ketahanan dan sumber pangan nasional dan dunia.

Turut hadir mendampingi Bupati menerima Rektor Unhas, Sekda Muh Ali Saleng dan beberapa kepala OPD.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button