EkonomiNewsSulteng
Trending

Gubernur Rusdy Usul Banggai Jadi Kawasan Industri Halal ke Menteri Perindustrian

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menggagas akan membangun Banggai jadi Kawasan Industri Halal di Sulawesi Tengah. Gagasan itu, ia sampaikan saat melakukan audiensi dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (3/2).

Gubernur Rusdy menemui Menperin bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah Richard Arnaldo. Sementara Mendag Agus Gumiwang di dampingi Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo. Juga, Direktur Jenderal Industri Agro Putu Juli Ardika, Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Eko S.A. Cahyanto.

Baca Juga: Temukan 18 Kasus Baru Covid, Gubernur Rusdy Minta Satgas Covid-19 Sulteng Perketat Prokes

Dalam pertemuan ini, Gubernur menindaklanjuti hasil pertemuan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu di Sulawesi Tengah. Kala itu, Wapres kepada Gubernur Rusdy mengharapkan Sulawesi Tengah dapat menggagas untuk membuat kawasan industri halal sebagai penyuplai kebutuhan. Dan Wapres menginginkan sulawesi tengah menjadi daerah penyangga bagi IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

Sejalan dengan harapan Wapres, Gubernur menyambut baik. Ia mengatakan akan mengusulkan Kabupaten Banggai Laut sebagagi Kawasan Industri Halal berbasis kemaritiman kepada Kemenperin.

Sementara itu, Menperin Agus Gumiwang menanyakan potensi kelautan yang di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Waspada Virus Omicron, Gubernur Rusdy Mastura Minta Masyarakatnya Patuhi Prokes

Gubernur Rusdy pun menjelaskan, bahwa wilayah Banggai Raya sangat kaya potensi kelautan. Bahkan, saat ini secara rutin menyuplai kebutuhan ikan segar ke wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Tiap bulan suplay ikan dari Banggai Raya mencapai ratusan ton,” kata Gubernur Rusdy meyakinkan Menperin Agus Gumiwang.

Tak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan akan melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut untuk menyiapkan lahan yang cukup. Agar memenuhi persyaratan dalam membentuk satu Kawasan Industri.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Minta Kader IMM Sulteng Banyak Belajar Sejarah

“Banggai Raya harus menyiapkan lahan minimal seluas 50 hektare,” ujar Gubernur Sulteng.

Senada dengan Gubernur Rusdy, Menperin Agus Gumiwang juga menyatakan jika ingin investasi besar masuk ke Sulteng, maka harus menyiapkan lahan yang luas pula. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com