EkonomiNewsSulteng
Trending

Gubernur Rusdy Minta Perusda Touna Garap Potensi Unggulan Daerahnya

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura meminta agar Perusahaan Daerah Kabupaten Tojo Una-una (Perusda Touna) fokus menggarap potensi unggulan di daerahnya.

Rusdy Mastura menyampaikan hal itu, di ruang kerjanya, Senin 7 Februari 2022 saat menerima menerima kunjungan Direktur Utama Perusda Kabupaten Tojo Una-una Ahmad Budullah. Ahmad Abdullah menemui Gubernur Rusdy bersama Direktur Perencanaan dan Investasi Mulpada MT, Manajer Unit Usaha Peternakan Israwanto. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Touna Moh. Isa Anshar Latimumu. Kepala Desa Labuan Kecamatan Ratolindo Rustam Inang beserta pejabat terkait.

Ia menyataka, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kedatangan Pengurus Perusda Kabupaten Tojo Una-una. Yang datang bersama para OPD terkait.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Usul Banggai Jadi Kawasan Industri Halal ke Menteri Perindustrian

Kepada Perusda Touna, Gubernur meminta agar menangani perekonomian di Kabupaten Touna sebaik-baiknya. Serta mengembangkan komoditas unggulan di daerah tersebut.

Gubernur juga berharap Perusda Touna dapat mengembangkan beberapa sektor di Kabupaten Touna.

“Misalnya sektor perikanan dan kelautan khususnya udang vaname, sektor pariwisata, pertambangan dan sebagainya,” sebut Rusdy.

Menurutnya, hasil komoditas perikanan dan kelautan, seperti udang vanamae cukup menjanjikan. Seperti di Kabupaten Parigi Moutong serta beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tengah.

Indah dan Punya Khazanah Sejarah

Lebih lanjut Rusdy mengatakan, Tojo Una-Una dan Kepulauan Togean bukan saja indah dan mempesona. Tetapi memiliki khazanah sejarah yang cukup hebat.

“Di Kabupaten Touna terkenal teori evolusi dan seleksi alam Walea yang diambil dari Wallacea. Teori itu memiliki nilai historis yang dapat mendongkrak sektor pariwisata. Untuk itu gubernur berharap Perusda Touna dapat mensosialisasikan guna pengembangan di sektor pariwisata,” tutur Rusdy.

Sementara itu, Direktur Utama Perusda Kabupaten Tojo Una-una Ahmad Budullah menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari gubernur. Pihaknya berjanji akan mengembangkan perekonomian di Kabupaten Tojo Una-una melalui Perusda kerjasama dengan OPD terkait.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Tambah Amunisi Satgas Saber Pungli Provinsi Sulawesi Tengah di APBD-P

Kepada Gubernur, pihak Perusda Touna juga meminta arahan dan dukungan dalam pengembangan perusahaan. Guna meningkatkan perekonomian di Kabupaten Touna sebagai upaya peningkatan pendapatan asli daerah. Serta kesejahteraan masyarakat sesuai visi-misi gubernur.

Pada kesempatan itu, hadir Sekdis Perikanan Touna, Suryani Talono, Sekdis Pertanian dan Ketahanan Pangan Touna, Amir. Kabag Perekonomian dan SDA Touna Muh. Ichsan, Kabid Pemasaran Pariwisata Indrawijaya. Dan, Kasubag Keuangan dan Aset Dinas Perikanan Touna Isnawati. (hms/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button