NewsSulsel

HKG PKK Ke-51 Kabupaten Soppeng, Sofha Marwah Bahtiar Tekankan Penanganan Stunting

SOPPENG, NEWSURBAN.ID – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Soppeng berlangsung meriah di Gedung Lapatau, Minggu, 26 November 2023. Mengusung tema Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh, peringatan HKG PKK ini dihadiri Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar.

Dalam arahannya, Sofha Marwah mengapresiasi pelaksanaan peringatan HKG PKK Kabupaten Soppeng yang berlangsung meriah dan dihadiri Bupati Soppeng Kaswadi Razak, serta seluruh pengurus dan kader PKK Kabupaten Soppeng.

Ia menyampaikan sejumlah pesan penting, khususnya penanganan stunting dan program prioritas Pemerintah Provinsi Sulsel terkait ketahanan pangan.

Baca Juga: Cegah Korupsi, Pj Gubernur dan Ketua TP PKK Sulsel Ikut PAKU Integritas KPK

“Penanganan stunting dan gizi buruk harus menjadi perhatian bersama,” kata Sofha Marwah.

Istri Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin ini mengingatkan tentang pentingnya pendataan agar penanganan tepat sasaran. Untuk stunting, pengukuran di lakukan pada usia 0 – 2 tahun. Sedangkan untuk usia 2 – 5 tahun, masuk kategori gizi buruk.

“Di Sulsel angka stunting kita masih tinggi, 27 persen. Ini tentu menjadi PR bersama, dan sekarang sudah ada aplikasi Inzting, Ikhtiar Menzerokan Stunting, ini agar pendataan kita seragam dan penanganan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara, Bupati Soppeng, Kaswadi Razak, mengungkapkan, kasus stunting di Soppeng mencapai 1.100 kasus atau sekitar 10 persen. Menurutnya, untuk menyelesaikan stunting sangat sederhana, namun harus fokus dalam penanganannya. Tetapi, ada beberapa hal yang harus-dibenahi dalam pendataan.

Baca Juga: TP PKK Sulsel Dorong Keluarga Maksimalkan Pekarangan dengan Tanam Pisang dan Cabai

Kaswadi mencontohkan di Desa Umpungeng, banyak anak-dikategorikan stunting karena ukuran tubuhnya yang tidak tinggi. Padahal, secara fisik kondisi mereka sangat sehat.

“Di Desa Umpungeng kalau-dilihat fisik anak-anak sehat sekali, apalagi kalau sudah mulai jalan. Tapi ukuran badannya tidak tinggi, akhirnya-dikategorikan stunting. Padahal di sana secara genetik memang penduduknya pendek-pendek,” kata Kaswadi.

Ia berharap, pemerintah daerah bersama TP PKK bersinergi dalam penanganan stunting, gizi buruk, dan kemiskinan ekstrim, yang juga menjadi program prioritas nasional.

Dalam kesempatan ini, Pj. Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar di dampingi Ketua TP PKK Soppeng Nurjannah Kaswadi, menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button