NewsSulsel

Momentum Hari Jadi Sulsel Ke-354 Tahun, Pj Gubernur Bahtiar Kenang Jasa Palaguna

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekprov) Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad, kenang jasa sosok H Zainal Basri Palaguna saat membacakan sejarah Provinsi Sulawesi Selatan pada rapat paripurna hari jadi ke 354 tahun.

Dihadiri Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, Ketua DPRD Andi Kartika Sari, Ketua PKK Sofha Marwa, Anggota DPRD Sulsel dan pejabat forkopimda serta Walikota dan Bupati se-Sulawesi Selatan.

Ia menjelaskan bahwa penggagas Hari Jadi Provinsi Silawesi Selatan adalah H Zainal Basri Palaguna pada tahun 1993 saat itu menjabat Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan yang bertujuan meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap jati diri dan masyarakat dalam rasa persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Rangkaian HUT Ke-354 Sulsel, Pj Gubernur Gelar Tasyakuran Bersama 3.540 Anak-anak Yatim Piatu

“Hal ini bertujuan untuk melanjutkan pembangunan nasional yang berlangsung di Sulsel. Kemudian di tindaklanjuti studi banding ke beberapa daerah dan tudang sipulung. Dalam bentuk seminar pada 18-19 Juli 1995 di ruang pola kantor Gubernur Sulsel,” paparnya, kamis, 19 Oktober 2023.

Turut hadir pada tudang sipulung, kata dia, berasal dari kalangan cendekiawan dan tokoh masyarakat. Sesepuh dan pimpinan daerah tingkat I dan tingkat II. Berserta pimpinan organisasi politik dan organisasi pemuda se-Sulawesi Selatan.

Selanjutnya adapun hasil rumusan para cendekiawan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pimpinan partai politik menyepakati bahwa Hari Jadi Sulawesi Selatan tanggal 19 Oktober 1669.

“Hari jadi Sulawesi Selatan tanggal 19 Oktober 1669 telah-ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) no 10 tahun 1995 dan-disetujui DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Baca Juga: Di Sela HUT Ke-354 Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Kunjungi Peternakan Ayam dan Kambing di Gowa

Ia menegaskan, pada momentun bersejarah di daerah ini. Di mana raja-raja di Sulawesi Selatan telah bersepakat untuk bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“19 Oktober adalah momentum bersejarah di mana raja-raja se-Sulawesi Selatan bersepakat untuk bergabung pada NKRI,” katanya.

Selain itu ada 3 peristiwa bersejarah di balik Peringatan Hari Jadi Sulsel yaitu 1. Perang Makassar 1666-1669 Jadi Tahun Hari Jadi Sulsel, 2. Dr Ratulangi menjadi Gubernur pertama Provinsi Sulawesi pada tanggal 15 Oktober 1945. dan 3. Tanggal 19 di maknai keterlibatan Sulsel dalam Rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau tepatnya 19 Agustus 1945. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button