NewsSulteng

Wali Kota Hadianto Rasyid Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu Hadianto Rasyid memimpin langsung jalannya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 di halaman Kantor Wali Kota Palu, Kamis (21/12/2023).

Apel gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 tersebut-diikuti sejumlah pihak, baik dari unsur TNI, Polri, maupun dari OPD terkait di lingkup Pemerintah Kota Palu.

Wali Kota Hadianto yang membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian RI. Wali Kota menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan Operasi lilin 2023 secara serentak di Seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kadis P2KB Wakili Wali Kota Palu Hadiri Ibadah Pra Perayaan Natal di Sinode Gereja Protestan Indonesia

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan-digunakan selama pelaksanaan operasi. Sehingga di harapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal,” kata Wali Kota Hadianto Rasyid.

Ia mengatakan, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Hal itu sebagai tindaklanjut penekanan Presiden Joko Widodo. Bahwa, Natal dan Tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus-direncanakan, harus dipersiapkan. Utamanya yang berkaitan Dengan transportasi, pasokan dan Distribusi bahan pokok.

“Hal tersebut penting karena Momentum Nataru telah menjadi Bagian tradisi masyarakat Indonesia. Yang berimplikasi terhadap Meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata wali kota.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, Potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan tahun baru 2024 di perkirakan mencapai 107,63 juta Orang. Angka itu meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang di bandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Wakili Wali Kota Sekdis Sosial Kota Palu Ketut Simon Hadiri Perayaan Natal di Gereja Toraja Jemaat Sion Anutapura

Selain itu, perayaan Nataru Tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024. Sehingga memiliki Potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam rangka Pengamanan Nataru, Polri di dukung TNI, K/l, Pemda, mitra kamtibmas. Dan Stakeholder terkait menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya. Personil di tempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan. Dan 113 Pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan Kamseltibcar lantas dan Kamtibmas yang harus-diwaspadai.

Pada sisi Kamseltibcar Lantas, polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB. SKB ini, memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut. Dan penundaan Perjalanan.

Baca Juga: Satgas Pangan Kota Palu Tinjau Sejumlah Pasar Jelang Nataru

“Tentunya SKB ini harus dapat-dipahami dan di implementasikan secara tepat di lapangan,” kata wali kota.

Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk. Dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpang pada titik pelayanan moda transportasi umum, lakukan pengaturan jadwal keberangkatan. Dorong pembelian tiket secara online, dan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait.

Selain itu, laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan.

Selanjutnya pada sisi kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat. Pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama. Serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

Baca Juga: Terapkan Perda Pajak Daerah, Wali Kota Palu Pantau Rumah Makan dan Restoran

Ancaman terorisme juga menjadi Tantangan yang serius. Untuk itu, Kedepankan deteksi dini dan preventive Strike untuk mencegah pelaku teror Melancarkan aksinya. Serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah. Agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.

Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal. Terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan recara humanis. Serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar legiatan berjalan dengan aman.

Kemudian guna mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan patroli rutin pada objek vital. Pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman.

“Sosialisasikan kepada masyarakat yang akan bepergian dalam waktu lama agar melapor kepada petugas setempat. Dan sediakan layanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor kepolisian,” ungkap wali kota.

Baca Juga: Hadianto Rasyid Umumkan Kelurahan Mantap Terbaik 2023 Tingkat Kota Palu

Terkait bencana alam, siapkan tim tanggap bencana, rehabilitasi dan sarpras pendukung. Terutama pada jalur rawan longsor, pelabuhan serta lokasi wisata Alam.

Tingkatkan juga edukasi kepada Masyarakat dan koordinasi dengan BMKG Untuk melakukan sosialisasi informasi Cuaca. Sehingga kita mampu memberikan Quick response guna memitigasi dampak Bencana.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah lakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga Bapokting. Imbau pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan stok.

Apabila-diperlukan, lakukan Gakkum Secara prosedural. Nemun jangan Sampai mengganggu distribusi dan Ketersediaan pangan di lapangan.

Begitu juga dengan bbm, lakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada Pertamina. Agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Pengurus IPeKB Kota Palu, Hadianto Rasyid Harap Terus Tingkatkan Sinergitas

Dalam rangka mendukung kelancaran tugas pengamanan operasi lilin 2023, optimalkan fungsi command Center. Yang di lengkapi berbagai fitur Modern yang terintegrasi dengan CCTV di lapangan. Agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat-dilakukan secara cepat dan tepat, serta seluruh personel di lapangan dapat bekerja secara terpadu.

Selain itu, lakukan penguatan Strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi yang ada.

Sosialisasikan setiap kebijakan rekayasa Lalu lintas maupun perubahan arus Secara masif dan pastikan setiapinformasi tersampaikan dengan baik. Agar masyarakat betul-betul terbantu Dengan informasi yang diberikan dan Mendukung kelancaran operasi.

Selanjutnya hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Karena hal tersebut merupakan Kunci utama keberhasilan operasi.

“Kepada seluruh personel saya Berpesan agar senantiasa menjaga Kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru Sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan Setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah,” pesan Kapolri melalui wali kota pada Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2023 di Kota Palu. (ysf)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button