NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

HUT 458 Sinjai, Andi Sudirman Berikan Bantuan Keuangan Rp10,5 Miliar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, memberikan bantuan keuangan daerah bawahan senilai Rp. 10,5 miliar untuk Kabupaten Sinjai. Hal itu disampaikan Andi Sudirman pada Rapat Paripurna HUT 458 Sinjai yang-dihadiri secara virtual, Minggu, 27 Februari 2022.

Mengusung tema tahun ini “Bersatu, Bangkit, Berprestasi”, Andi Sudirman berharap sinergitas dan kolaborasi bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Sinjai. Untuk bangkit dan berprestasi demi mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan di tengah pandemi Covid-19.

Andi Sudirman menyebutkan dukungan Pemprov termasuk dengan menggelontorkan APBD ke Sinjai.

“Anggaran Sulsel ke Kabupaten Sinjai itu sudah Rp130 an miliar. Itu tidak terhitung jalan-jalan yang akan menuju ke Sinjai yang sudah hampir lebih Rp. 200 miliar, mudah-mudahan ke depan jauh lebih baik lagi,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: 62 Tahun Pangkep, Pemprov Kucurkan Rp30 Miliar untuk Rekonstruksi Ruas Minasatene Tahun Ini

Plt Gubernur juga memberikan bantuan keuangan daerah bawahan pada tahun 2022 senilai Rp. 10,5 miliar untuk penanganan ruas jalan di Kabupaten Sinjai.

Tahun 2022, di fokuskan untuk penanganan pasca bencana pada ruas batas Gowa-Tondong yang November 2021 lalu mengalami rusak akibat longsor. Selain itu, jugauntuk pembangunan jembatan Balangpangi pada ruas Kajang-Sinjai.

Sedangkan 2021, telah-dilakukan penanganan terhadap 2 titik jaringan irigasi. Dua titik tersebut yakni rehabilitasi daerah irigasi (DI) Aparang di Kelurahan Sangiaasseri, Kec. Sinjai Selatan dan irigasi Kalamisu di Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur.

Pemprov Sulsel senantiasa mendukung daerah yang berjuluk Bumi Panrita Kitta dalam sektor pertanian dan tanaman pangan. Pada tahun 2021 dengan memberikan bantuan bibit kopi senilai Rp5,3 miliar, pupuk padat kakao senilai Rp. 3,7 miliar, bibit kakao senilai Rp1,9 miliar dan bantuan lainnya kepada kelompok tani.

Baca Juga: Andi Sudirman Dorong Penguatan Sektor Pertanian dan Perikanan di Kabupaten Pinrang

Bahkan, tahun 2022 ini, bantuan untuk kelompok tani berupa bibit kakao di tingkatkan dengan total nilai Rp. 10 miliar lebih. Bantuan lainnya berupa embung, irigasi tersier, jalan tani, pupuk organik cair dan sumur BOR serta bibit/benih unggul.

Selain itu, Pemprov juga akan membantu hadirnya teknologi air bersih di Pulau Kanalo, Kecamatan Pulau Sembilan. Teknologi arsinum yang bisa langsung di minum tersebut, anggaran dan pembangunannya-dilaksanakan tahun ini.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan, Pemkab Sinjai di bawah kepemimpinannya, berupaya meningkatkan sektor-sektor kehidupan masyarakat. Untuk memulihkan perekonomian yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: HUT 678 Sidrap, Andi Sudirman Siapkan Anggaran Besar untuk Pembangunan di Bumi Nene Mallomo

Pembangunan infrastruktur kata dia, tetap menjadi fokus untuk memudahkan pergerakan manusia dan barang. Olehnya itu, peningkatan jalan dan jembatan masih menjadi prioritas dengan penyebaran ke seluruh pelosok Sinjai.

“Dalam tiga tahun terakhir peningkatan jalan dan jembatan terus kita lakukan. Sehingga, saat ini 204,14 Km jalan kabupaten, ditambah 93 Km jalan desa telah mengalami peningkatan. Selain itu, 7 jembatan yang sudah kita bangun,” sebut Seto pada rapat paripurna HUT 458 Sinjai.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas bantuan yang-diberikan oleh Pemprov Sulsel, juga atas kepercayaan yang-diberikan kepada Sinjai untuk menjadi tuan rumah pekan olahraga provinsi Sulawesi-Selatan ke-XVII yang akan berlangsung tahun ini. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button