NewsNusantaraOlahragaSulsel

Pengurus KONI Sulsel 2022-2026 Dilantik, Andi Sudirman Dorong Olahraga Jadi Industri

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus KONI Sulsel (Komite Olahraga Nasional Indonesia Sulawesi Selatan) Periode 2022-2026 di Hotel Claro, 10 Agustus 2022. Selain itu, melauching secara resmi Logo Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulsel Ke-17 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Yasir Susanto Machmud-dilantik sebagai Ketua KONI bersama 70 pengurus lainnya oleh Ketua Umum Pusat, Letnan Jenderal TNI Purn Marciano Norman.

Andi Sudirman sebagai Ketua Dewan Penyantun KONI Sulsel, berharap pengurus dapat membawa Sulsel menuju puncak prestasi. Melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga. Sulsel sebagai tempat lahirnya atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Baca Juga: Pengurus KONI Sulsel Akan Di lantik 10 Agustus

Pemprov Sulsel akan terus mendukung pengembangan olahraga. Hanya saja memang-dibutuhkan olahraga ini menjadi industri.

“Saya mengharapkan, bagaimana KONI mendorong kementerian menjadikan olahraga itu industri. Dengan demikian kemandiriannya kuat dan profesional,” kata Andi Sudirman.

“Makanya pengurus baru ini kita akan ajak apa yang menjadi kebijakan strategisnya agar bisa mengembangkan olahraga di Sulsel,” tambahnya.

Baca Juga: PSM Makassar Masuk Final AFC Cup 2022, Gubernur Andi Sudirman Sampaikan Apresiasi

Selain itu, Andi Sudirman juga sudah memanggil jajarannya untuk meninjau izin perusahaan yang beroperasi di Sulsel agar memperhatikan olahraga. Karena dukungan dari perusahaan penting untuk pembinaan dan kemajuan olahraga.

“Di Provinsi, saya juga mendorong, tolong-dicek semua izin perusahaan kalau tidak ada pembinaan olahraganya tolong dipertimbangkan,” ungkapnya.

Ketua Umum Koni Pusat Letjend (purn) Marciano Norman mengatakan, untuk meraih prestasi memang-dibutuhkan kolaborasi KONI Sulsel dengan Pemerintah Sulsel. “Saat PON Papua lalu, pak Gubernur ini selalu hadir di Papua. Itu bukti dukungan pemerintah untuk para atlet Sulsel,” ucapnya.

Baca Juga: Sejumlah Atlet Sulsel Meraih Medali di SEA Games Vietnam, Gubernur Andi Sudirman: Kalian Kebanggaan Seluruh Rakyat Indonesia

Prestasi KONI Sulsel di PON Papua sangat luar biasa karena berada di posisi ke 11 klasemen. Tentu kata dia, hal ini harus-dipertahankan dan bisa-ditingkatkan lagi. “Prestasi yang lebih baik bisa diraih dengan kebersamaan para pengurusnya termasuk dukungan pemerintah,” ucapnya.

Selain itu juga memuji PSM Makassar yang mencatatkan sejarah masuk ke dalam Final AFC Cup 2022 yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel dan Indonesia.

Sedangkan Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud mengatakan, pihaknya akan bekerja keras dan mempersiapkan atlet dengan baik untuk meraih lima besar pada PON nantinya.

Baca Juga: Pembinaan atlet di Sulsel, Andi Sudirman Ingin Libatkan Forum CSR Perusahaan

“Ini menjadi harapan kita semua, dan akan terus berusaha meraih target lima besar ini. Dan tentunya dengan dukungan Pemprov Sulsel,” katanya.

Adapun, Gambar logo Porprov memadukan 2 ikon dari Kabupaten Sinjai yakni gambar kuda dan gambar perahu khas Kabupaten Bulukumba. Pelantikan berlangsung semarak karena-diwarnai atraksi atlet dari cabang olah raga andalan sulsel seperti karate, silat dan lainnya.

Hadir dalam pelantikan ini; Menteri Pertanian RI Periode 2014-2019 (Ketua Dewan Kehormatan KONI Sulsel), Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P.; anggota DPR-RI, Iwan Darmawan Aras S.E., M.Si; Wakil Ketua Umum II KONI Pusat Mayjen TNI (purn), Sudarmo; dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana serta Kabinda Sulsel, Bapak Brigjen TNI Dwi Surjadmodjo serta tokoh-tokoh olahraga Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button