NewsNusantaraSulawesiSulteng
Trending

Tug Boat Biak 9 Bermuatan Ore Nikel Ditangkap di Morowali

#Dananal Palu Limpahkan Berkas dan Barang Bukti Untuk Proses Hukum

PALU, NEWSURBAN.ID — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu menangkap sebuah kapal tongkang, tug boat Biak 9 bermuatan ore nikel di perairan Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Hasil tangkapan itu, setelah di periksa berkas dan barang buktinya di limpahkan untuk proses hukum.

Pelimpahan berkas dan barang bukti Kapal Biak TB 9 di lakukan langsung Komandan Lanal (Danlanal) Palu, Letkol Laut (P) M. Catur Soelistyono. Penyerahan berkas dan barang bukti di saksikan jajaran Lanal Palu dan Pos TNI AL Morowali pada Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Efektifkan Patroli Laut, Satrol Lantamal VI Gunakan Kendaraan Lincah Berteknologi Tinggi

Danlanal Palu M. Catur Soelistyono dalam keterangannya di wilayah perairan Bahodopi, membenarkan adanya pelimpahan pemeriksaan Tug Boat BIAK 9. Kapal tongkang itu, di tangkap karena di duga melakukan pelanggaran Undang-Undang Pelayaran. Proses pemeriksaanya pun terus di lakukan.

“Penangkapan ini, berdasarkan perintah bapak panglima TNI kepada Bapak KASAL. Terkait tindaklanjut pelanggaran di laut. Maka bapak KASAL memerintahkan PANGKOARMADA II yang membawahi oprasi laut agar memerintahkan Lantamal untuk melakukan patroli. Dan satuan di bawahnya adalah Pangkalan TNI AL Palu,” ungkapnya.

Baca Juga: Lapangan Tembak-Panahan Amiruddin Punulele Lanal Palu Di resmikan, Danlantamal VI Harap Lahirkan Atlet Berprestasi

Danlanal Palu juga menyebut, kapal TB Biak 9 yang menuju Morosi di lakukan penangkapan di wilayah perairan Morowali.

“Setelah di temukan adanya dugaan pelanggaran, maka TB BIAK 9 di tangkap dan di bawa ke Pos TNI AL terdekat. Yakni, Pos TNI AL Morowali yang berada di Bahodopi,” bebernya.

Baca Juga: Mengendap 37 Tahun, TNI AL Tancapkan Patok Pembatas Tanah di Atas Lahannya 500 Ha

Menurut Danlanal, sejak pagi dirinya beserta 5 personel Pos TNI AL Morowali berangkat dari Pos TNI AL Morowali ke TB Biak 9. Dengan titik kordinat 02° 50′ 003″ S 122° 12′ 788″ E Timur pulau Alang-alang dengan menggunakan sea rider.

Sebelumnya, Komandan Pos TNI AL morowali bertemu dengan Tim Pengawal dari KRI AHP 355 di TB. Biak 9 kemudian melaksanakan pengecekan barang bukti dan ABK TB. Biak 9 dalam keadaan sehat, lengkap dan aman.

Baca Juga: Lantamal VI Makassar Sambut Taruna AAL Peserta Lattek Prajalasesya 2022

Kemudian, tim pengawal dan personel Pos TNI AL morowali menuju ke KRI AHP 355 melaksanakan serah terima barang bukti dari Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP) 355 Kolonel Laut (P) Ludfy ST, MMDS kepada Komandan Pos TNI AL Morowali Kapten Laut (T) Abdullah Ketut Abdigalung beserta dokumen dan ABK TB. Biak 9 yang berada di KRI AHP 355 serta pengembalian Tim Pengawal KRI AHP 355 ke KRI AHP 355 yang sandar di dermaga Jety 8 IMIP.

Bertempat digeladak helly KRI AHP 355 dilaksankan penyerahan surat tanda terima barang bukti dalam kedaan aman dan KRI AHP 355 bertolak dari Dermaga Jety 8 IMIP. Selesai melaksanakan Merflug KRI AHP 355 Danposal dan anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB. Biak sebanyak 7 orang menuju TB. Biak 9 yang sedang lego jangkar.

Baca Juga: Danlantamal VI Tegaskan Kenkat Perwira TNI AL Merupakan Kehormatan dan Amanah

Setelah itu, Danposal serta anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB Biak 9 tiba di TB Biak 9. Kemudian Danpos TNI AL morowali memberikan pengarahan kepada seluruh ABK TB. Biak 9. Pukul 11.30 WITA Personel Pos TNI AL Morowali beserta Nahkoda dan 3 (tiga) ABK TB. Biak 9 berangkat ke Pos TNI AL Morowali. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button